[Indonesia] Snorkeling di Pulau Derawan, hingga mendaki Gunung Rinjani


Ingin menikmati pantai dengan bantaran pasir putih serta air laut yang masih bersih dengan warna biru laut yang indah, dan tanpa perlu repot untuk mengurus visa?

Kita bisa mendapatkan semua itu di Indonesia. Ya, Indonesia!

Tahukah kamu bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara?
Dengan banyaknya kepulauan di Indonesia, membuat Indonesia memiliki banyak kekayaan alam yang masih tersimpan dan belum terjamah oleh manusia. Salah satu pulau di Indonesia, yang sangat ingin saya kunjungi adalah Pulau Derawan. Pulau Derawan terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau Derawan juga memiliki beberapa pulau disekitarnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Pulau Maratua, Pulau Kakaban, dan Pulau Sangalaki.

Pulau Maratua adalah pulau terluar yang berada di wilayah Indonesia. Pulau Maratua memiliki keindahan yang sangat eksotis dan memukau. Selanjutnya ada Pulau Kakaban, Pulau Kakaban sangat cocok snorkeling. Kita bisa menemukan  dan berenang bersama ubur-ubur tanpa racun atau biasa disebut dengan Stingless-jellyfish. Dan terakhir di Pulau Sangalaki, dimana kita bisa melihat dan berenang bersama Ikan Pari tanpa racun atau biasa disebut dengan Manta.

 Courtesy: Ivan William's Picture

Berikut adalah tujuan yang akan saya lakukan jika saya mengunjungi Derawan:
- Mengunjungi Desa Payung Payung yang merupakan surga-nya penyu
- Snorkeling di kawasan Derawan dan melihat Penyu Hijau
- Melihat sunrise di Jembatan Bohe (Pulau Maratua)
- Mengelilingi Danau Ikan yang berada di Pulau Kakaban
- Snorkeling di Danau Kakaban untuk melihat ubur-ubur tanpa sengat racun.
- Mengunjungi penangkaran penyu di Pulau Sangalaki
- Snorkeling di sekitar pulau bersama Pari Manta
- Mengunjungi Pulau Nabucco dan Pulau Gusung

Setelah mencari Informasi dari berbagai sumber, saya menemukan 2 pilihan transportasi yang banyak direkomendasikan untuk rute dari Jakarta ke Pulau Derawan. Berikut pilihan transportasi yang saya rekomendasikan:
  1. Yang pertama adalah melalui Berau, yaitu mengambil penerbangan dari Jakarta menuju Balikpapan, dan dilanjutkan dengan penerbangan Balikpapan menuju Berau. Setelah sampai di bandara Tanjung Redeb (Berau), kita dapat menggunakan Taxi Plat Hitam (taksi gelap) untuk menuju Tanjung Batu, dengan estimasi biaya sebesar IDR 100.000. Lalu setelah sampai di Tanjung Batu, kita harus menyewa speedboat untuk menyebrang ke Pulau Derawan.
  2. Yang kedua adalah melalui Tarakan, yaitu dengan mengambil penerbangan dari Jakarta menuju Balikpapan, dan dilanjutkan dengan penerbangan Balikpapan menuju Tarakan. Yang membuat berbeda adalah untuk rute Tarakan menuju Pulau Derawan, kita dapat langsung menyewa speedboat untuk menyebrang ke Pulau Derawan, dengan estimasi sekitar 3 jam perjalanan.

Untuk harga tiket pesawat sangat bervariasi, tergantung maskapai dan budget travel kita. Ada 5 maskapai yang menyediakan penerbangan dari Jakarta ke Balikpapan, yaitu Batik air, Citilink, Garuda Indonesia, Lion air, Nam air dan Sriwijaya air. 

 Courtesy: Ivan William's Picture

Selain keindahan Pulau Derawan dan pulau di sekitarnya, masih banyak tempat wisata di Indonesia yang ingin saya kunjungi. Setelah mengunjungi Derawan, tujuan saya berikutnya adalah mengunjungi Pulau Lombok. Selain ingin menikmati indahnya Pantai Gili, saya juga ingin mencoba tantangan baru, yaitu menaiki Gunung Rinjani.


Berikut adalah tujuan yang akan saya lakukan jika saya mengunjungi Pulau Lombok:
- Mengunjungi Padang Savana Sembalun Lawang
- Mengunjungi Kawah Plawangan Sembalun
- Mengunjungi Danau Segara Anak
- Mengunjungi Air Terjun Sindang Gile dan Tiu Kelep
- Snorkeling di Gili Trawangan

Untuk transportasi dari Jakarta menuju Pulau Lombok, terdapat penerbangan langsung dan satu stop, oleh maskapai penerbangan Batik air, Citilink, Lion air, Garuda Indonesia, Nam air, dan Sriwijaya air.

 Courtesy: Ivan William's Picture
Beberapa tips dalam membeli tiket pesawat:
  1. Sebisa mungkin membeli tiket pesawat jauh hari sebelum keberangkatan. Selain harga tiket lebih murah, kita mempunyai waktu lebih banyak untuk mencari destinasi yang ingin kita tuju dan menyusun itinerary.
  2. Cari promo di website penjualan tiket. Saya sering mengecek harga tiket di Airpaz.com. Selain harga lebih murah, sering ada promo, dan pembayarannya dalam rupiah, sehingga tidak perlu memusingkan kurs yang akan dikenakan di kartu kredit.
  3. Jika tidak ada direct flight, dan harus ada satu perhentian atau transit, maka saya sarankan untuk memberikan jeda waktu dari flight pertama, ke flight kedua. Dengan estimasi pesawat akan di-delay atau jam penerbangan dimajukan.

 Courtesy: Ivan William's Picture

Jika saya mendapatkan Tiket Pesawat Gratis dari Airpaz.com, saya ingin sekali mengunjungi Pulau Derawan dan Pulau Lombok, dan saya ingin sekali menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Tetapi selain maskapai, saya tidak keberatan untuk menaiki pesawat lain yang bisa mengakomodasi penerbangan langsung ke tempat tujuan wisata saya.

Ayo kita travel bersama mengelilingi Indonesia, agar semua orang tahu bahwa Indonesia tidak kalah akan tempat wisata dengan keindahan yang begitu luar biasa.

xoxo, nat

---------------------------------------------------------


6 comments:

  1. hi nat,
    saya juga ada plan ke derawan nih,
    liat foto2nya bagus2, ga kalah dengan yg di luar
    thank you infonya ya nat :)

    ReplyDelete
  2. wah bagus banget pemandangannya, sepertinya ini salah satu wisata bahari yg menarik untuk dikunjungi.. thanks ya natasya buat infonya...

    ReplyDelete
  3. indonesia emang juara banget alamnya!
    info sama fotonya juga bagus nat jadi pengen kesana juga.
    mudah-mudahan kesampean.. aamiin :)

    ReplyDelete
  4. saya sudah pernah ke Derawan, Sangalaki, Maratua, Kakaban dan Gusung. Asli Keren!!

    ReplyDelete
  5. bagus banget fotonya :)

    Berkunjung dan liburan bersama keluarga klik : Paket Wisata Dieng

    ReplyDelete

Powered by Blogger.