[3D2N] Short Escape to Lombok

Hai semua,
Bosan dengan rutinitas kerja? Ingin berlibur tetapi tidak memiliki cuti yang banyak? Lombok bisa menjadi salah satu pilihan destinasi untuk berlibur. Di post kali ini, saya akan share pengalaman saya di Lombok selama 3 hari 2 malam.

Saya memilih keberangkatan jam 10 pagi dari Jakarta menuju Lombok. Penerbangan memakan waktu sekitar 2 jam. Ada berbagai maskapai yang menyediakan penerbangan Jakarta-Lombok.

1. Bukit Merese, Tanjung Aan

Setelah sampai Lombok, dari Bandara kami langsung menuju Bukit Merese, Tanjung Aan berada di selatan pulau lombok. Dari bandara, membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk sampai. Jalanan bukit-nya sangat berbatu, tapi tidak terlalu terjal.

Ini adalah pemandangan yang dapat dilihat dari atas Bukit Merese. Kita bisa melihat indahnya Pantai Tanjung Aan.

Pantai Tanjung Aan masih sangat bersih dan pasirnya sangat unik, menyerupai kerikil tapi sangat halus.

2. Pantai Kuta Lombok
Setelah dari Tanjung Aan, kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Kuta Lombok, lokasinya sangat dekat, bahkan kita akan melewati Pantai Kuta Lombok ini sebelum ke Tanjung Aan.

Dibandingkan dengan Pantai Tanjung Aan, Pantai Kuta Lombok penuh dengan rumput laut di sisi pantai, sehingga bau amis sangat tercium.

Di Pantai Kuta Lombok ini juga ada spot untuk foto yang sangat bagus.

3. Desa Sasak Sade
Sade adalah salah satu dusun di desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Dusun ini dikenal sebagai dusun yang mempertahankan adat suku Sasak.

Saat sampai, kita akan ditemani oleh salah satu warga asli, dan kita akan dijelaskan mengenai sejarah dan adat istiadat yang masih sangat kental disini. Ini merupakan salah satu tempat penyimpanan beras untuk satu desa.

Beginilah penampakan rumah di desa sade. Tanahnya masih menggunakan tanah liat, dan untuk membersihkannya masih menggunakan kotoran sapi. Sangat unik, karena saat mendengar kata kotoran, pasti hal yang kita pikirkan adalah bau.

Kita juga bisa diajarkan cara membuat Kain Sesek. Kain Sesek merupakan kain tradisional khas lombok.

Bahan utama pembuatan dan pewarna Kain Sesek pun dibuat dari bahan alami.

Disini juga terdapat beberapa aksesoris yang dijual. Sayangnya saya tidak menanyakan harganya, dan barang ini hanya tersedia di Desa ini.

4. Nasi Balap Puyung "INAQ ESUN"
Setelah itu kami memutuskan untuk check in di hotel, diperjalanan pulang kami sempatkan untuk mencicipi Nasi Balap Puyung "INAQ ESUN". Puyung merupakan salah satu nama daerah di Lombok, dan merk Inaq Esun ini juga sangat terkenal.

Bagi kalian yang suka makanan pedas, tentunya makan nasi balap puyung ini adalah hal yang mudah,. Rasa pedas-nya benar-benar tidak tertahankan, saya tidak dapat menghabiskan makanan ini tanpa minum. Harganya pun sangat murah.

5. Hotel Central Inn Senggigi
Selama 2 malam, kami memilih Central Inn di daerah pantai Senggigi sebagai penginapan kami. Review-nya bagus, dan harganya tidak terlalu mahal.

Central Inn ada beberapa gedung, yang kanan adalah gedung baru, dan yang kiri adalah gedung lama.

Terdapat fasilitas free wifi, dan kolam berenang untuk bersantai.

Ini adalah kamar kami. Ukuran kamar tidak terlalu besar, pas untuk berdua. Kamar mandi bersih, dan walaupun Central Inn terletak di pinggir jalan, kami tidak menemukan suara bising yang menggangu tidur kami.

6. Pantai Senggigi
Pantai ini sangat dekat dengan hotel kami. Sayangnya Pantainya tidak terlalu bagus. Pasirnya tidak putih, dan banyak sampah.

7. Ferry ke Pulau Gili Trawangan
Untuk menuju Pulau Gili Trawangan, kita dapat membeli tiket Ferry di Pelabuhan Padang Bai. Saat memasuki daerah ini, kita diharuskan untuk menggunakan cidomo, atau biasa disebut delman / andong). Harga tiket sangat murah, nantinya kita akan menyebrang ke Gili bersama para pedagang. Bagi kalian yang lebih memilih untuk private, juga tersedia jasa speed boat, tentunya dengan harga yang lebih mahal.

8. Gili Trawangan
Gili terdiri dari 3 pulGili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Gili Trawangan adalah pulau yang paling besar, dan paling ramai / hidup.

Pantai di Gili Trawangan sangat indah. Pasirnya putih dan halus.

Gili Trawangan dihiasi oleh payung-payung.

9. Snorkeling di Gili dengan Lucky Trips
Di pulau Gili Trawangan tersedia berbagai paket snorkeling. Salah satu yang saya pilih adalah Lucky Trips. Ada 2 paket yang ditawarkan, dengan lunch atau tanpa lunch.

Untuk detailnya bisa lihat di gambar berikut:

10. Gili Gelato
Sambil menunggu tour, kami mencicipi Gili Gelato. Gelatonya lumayan enak, dan murah.

Saya memilih Single Scoop Rum and Raisin.

11. Sate Pusut Ikan Laut
Sate Pusut ini kami temukan dijual di pinggir jalan. Terbuat dari ikan, rasanya sangat gurih, dan sedikit pedas. Harganya pun sangat murah sekali.

Seperti ini penampakan gerobak penjual Sate Pusut.

12. Malimbu Hill / Bukit Nipah
Kami juga menyempatkan untuk turun di Malimbu Hill atau biasa dikenal dengan Bukit Nipah. Pemandangan sangat bagus sekali dari sini.

13. Sate Rembiga
Alamat: Jl. Halmahera No. 2000 Rembiga Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat;
Nomor Telpon: 081907133301

Di hari terakhir, sebelum kami balik, kami menyempatkan membeli oleh-oleh di pusat oleh-oleh, dan mencoba Sate Rembiga. Sate ini sangat enak, harus dimakan bersama Lontong. Lontongnya sangat lembut sehingga sangat pas sekali.

Setelah selesai, kami langsung menuju airport, dan kembali ke Jakarta.

Semoga post saya mengenai Lombok dapat memberikan inspirasi tempat untuk dikunjungi. Jangan lupa kita harus tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Popular posts from this blog

Mencari Perlengkapan Winter di Jakarta

[Australia] Cara Mengurus Visa Australia - 2016

Apply Online Visa Australia - ImmiAccount (Indonesia)