9 Alasan Kenapa Wajib Wisata ke Jepang


Jepang, mendengar kata Jepang saja sudah sangat membuat saya sangat excited sekali. Bagi saya sendiri, Jepang merupakan destinasi impian yang harus dan wajib dikunjungi. ;)
Hampir semua orang yang mengunjungi Jepang mengatakan bahwa mereka akan kembali lagi ke Jepang. Sebenarnya apa saja sih daya tarik Jepang?

Menurut saya, ada 9 hal yang membuat saya jatuh cinta sama Jepang, dan menjadikan alasan kenapa wajib wisata ke Jepang. Penasaran apa aja? Yuk baca post ini sampai selesai. Di akhir post ini, kalian juga bisa mendapatkan informasi untuk mengikuti Blogger Competition, berhadiah utama Liburan ke Jepang Gratis yang diadakan H.I.S. Travel IndonesiaWaa! Sugoi ne!

Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah 9 alasan kenapa wajib wisata ke Jepang:

1. Sakura
Jepang sangatlah terkenal dengan Musim Semi-nya, karena pada musim ini, para wisatawan yang berkunjung ke Jepang dapat melihat langsung indahnya bunga Sakura yang sedang bermekaran. Bunga Sakura merupakan salah satu bunga nasional Jepang, yang hanya mekar dalam waktu satu sekali dalam setahun. Bunga sakura sebenarnya ada beraneka warna, tetapi yang paling terkenal adalah bunga sakura dengan warna putih dan sedikit warna merah muda (someiyoshino). Jangka waktu untuk menikmati keindahan bunga sakura ini juga termasuk pendek, sehingga jangan lupa untuk mengecek forecast mekarnya bunga sakura. Pada festival sakura ini, orang-orang melakukan piknik di bawah pohon sakura sambil makan dan mengobrol bersama teman maupun keluarga.

Bunga Sakura Musim Dingin (Kanhizakura)
Mungki ada yang bertanya: Apa bunga sakura hanya bisa dilihat pada musim semi saja?

Jawabannya adalah Tidak. Sebenernya saat kita datang di musim dingin, kita juga masih bisa melihat bunga sakura, hanya saja jenis dan warna yang berbeda, yaitu berwarna pink (Kanhizakura).

Untuk Tahun 2017 ini, kita bisa melihat weather map yang saya dapatkan dari website H.I.S. Travel Indonesia:
sakura-map-2017

2. Sushi 
Siapa yang tidak mengenal Sushi? Sushi ini merupakan makanan khas yang berasal dari Jepang dan sudah terkenal dengan kelezatannya. Sushi ini ada berbagai jenis, mulai dari sushi roll (Norimaki), nasi dengan topping ikan / seafood diatasnya (Nigiri), maupun nasi yang dibungkus oleh kulit tahu (Inari). Walaupun dari bentuknya, Sushi ini sangatlah simple, tetapi di Jepang sendiri, tidak boleh sembarangan orang yang dapat menyajikan Sushi, untuk menjadi Sushi Chef atau Itamae, dibutuhkan pengalaman dan belajar dalam waktu yang tidak singkat.

Sushi 100 Yen
Untuk harga Sushi di Jepang sangatlah beragam, mulai dari Sushi serba 100 Yen, sampai menu Omikase, dimana dengan memesan menu ini kita menyerahkan menu sepenuhnya kepada Chef yang akan menyajikan Sushi. Salah satu restoran Sushi yang terkenal di Tokyo, terletak di Tsukiji Fish Market. Restoran ini bernama Sushi Dai, di Sushi Dai ini kita dapat memesan menu Omikase ini dengan harga 4000 Yen, dan kita dapat merasakan nikmatnya fatty tuna (Chūtoro), Tuna, Macarrel maupun Sea eel.

A photo posted by Natasya Tiffany (@natdonuts) on


3. High-Technology
Jepang sangat terkenal dengan teknologi yang sangat canggih. Banyak robot-robot yang telah dibuat oleh Jepang. Bahkan saat kita mengunjungi Jepang, kecanggihan teknologi sudah dapat langsung kita rasakan saat menginjakkan kaki di Bandara International Jepang. Saat menggunakan toilet, hampir toilet di Jepang sudah dilengkapi dengan alat pembersih yang canggih, biasa disebut dengan washlet. Bahkan kita bisa menyetel lagu, agar suara kita tidak mengganggu yang lainnya.

Setting Washlet Japan
Selain toilet, hampir semua restaurant di Jepang, sudah menggunakan vending machine sebagai alat pemesanan makanan. Semua menu ditampilkan pada etalase bersama dengan nomor, nama menu, dan harga. Sehingga kita hanya perlu memasukkan uang kedalam mesin, memilih menu-nya, dan menerima tiket dan uang kembalian. Tiket tersebut diberikan kepada pelayan, dan voila, kita tinggal menunggu makanan kita diantar. Bahkan untuk Sushi kita juga bisa langsung memesan pada mesin, dan Sushi pesanan kita akan langsung diantar ke meja kita tanpa bantuan pelayan. Sangat mudah dan sangat praktis sekali.

Order Menu via Monitor
3. Transportasi (Train & Shinkansen)

Salah satu station di Osaka
Salah satu faktor yang sangat bagus di Jepang adalah alat Transportasinya. Kita tidak perlu bingung lagi untuk berpergian, karena sudah hampir semua area tercover oleh train dan shinkansen. Untuk dalam kota, kita bisa menggunakan train. Train sendiri terdiri dari 2 bagian, yaitu Metro dan JR. Perbedaannya hanya pada rute dan station saja. Untuk transportasi antar kota, sangat disarankan sekali menggunakan Shinkansen atau kereta cepat. Seperti untuk rute Nagoya menuju Tokyo, berjarak 366 km dan dengan menggunakan Shinkansen, jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 46 menit saja. Benar-benar menghemat waktu sekali. Jika kita travel menggunakan JR Pass, maka biaya Shinkansen Hikari sudah tercover dalam Pass tersebut.

4. Sepeda

Tokyo Tower
Walaupun Teknologi di Jepang sangatlah maju, salah satu yang membuat saya kagum adalah budaya yang masih sangat dijaga, dan juga masih banyak warga Jepang yang menggunakan Sepeda. Bahkan disediakan tempat parkir sepeda di dekat station yang ada. Rasanya saya ingin sekali melakukan aktivitas ini: Stay di Kyoto maupun Tokyo, dan menikmati keindahan kota dengan berkeliling menggunakan sepeda. Lebih lengkap lagi, kalau ditambah dengan pemandangan bunga sakura di musim semi.

5.Theme Park

A photo posted by Natasya Tiffany (@natdonuts) on

Di Jepang sendiri terdapat berbagai Theme Park yang terkenal, mulai dari Universal Studio Japan yang berada di Osaka, Fuji Q Highland yang berada di Kawaguchiko, hingga Disneyland dan Disneysea di Tokyo. Merasakan setiap theme park tersebut merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Jika kita penggemar Harry Potter, Minions, Ssesame street, maka Universal Studio Japan merupakan tempat yang sangat pas sekali.

Hogwarts Castle - Universal Studio Japan
Bagaimana jika kita penggemar permainan yang memicu adrenaline? Jawabannya adalah Fuji Q Highland, di Fuji Q ini kita bisa menikmati berbagai wahana roller coaster yang memiliki ketinggian yang cukup extreme. Untuk penggemar Disney, pastinya harus mengunjungi Disneyland dan Disneysea Tokyo. Keunikan Disneyland Tokyo adalah Istana Cinderella, sedangkan untuk Disneysea Tokyo adalah Disneysea yang hanya ada satu di dunia. So, apa kalian sudah menetapkan pilihan kalian ingin mengunjungi theme park yang mana?

Disneysea Tokyo
6. Temple & Shrine

 Kinkaku-ji 
Di Jepang juga sangat mudah ditemukan Temple & Shrine, salah satu prefecture yang memiliki banyak Temple & Shrine adalah Kyoto. Beberapa Temple & Shrine yang terkenal di Kyoto adalah Kinkaku-ji (Pavilion yang terkenal dengan warna emas-nya, sangat indah sekali), Fushimi Inari Taisha (Kita dapat menemukan toriis yang berwarna orange,yang dipasang sepanjang jalan, dimulai dari gerbang dibawah, sampai menanjak naik hingga ke top of mountain),

Fushimi Inari
Kiyomizu-dera (Temple yang paling terkenal di Kyoto, pemandangan sunset dari temple ini sangatlah indah, di temple ini juga terkenal dengan Love stone-nya, dimana kita bisa melakukan challenge untuk berjalan dari batu pertama menuju batu kedua dengan menutup mata kita. Jika kita berhasil, maka kita akan dimudahkan dalam menemukan cinta kita, jika kita gagal, maka membutuhkan waktu yang lebih lama, sedangkan jika dibantu oleh teman, maka kisah percintaan kita juga terjadi dengan bantuan teman)

A photo posted by Natasya Tiffany (@natdonuts) on

Yasaka-jinja (Temple ini terletak di daerah Gion, sangat mudah diakses, dan terdapat berbagai macam street food yang dapat dinikmati sebelum memasuki temple). Di Tokyo juga ada salah satu temple yang paling terkenal, yaitu Sensoji temple, yang berada di daerah Asakusa.

7. Castle

Siapa yang pernah menonton Takeshi's Castle / Benteng Takeshi? Dulu saya sering sekali menonton ini, selain permaianan-nya yang sangat seru sekali, saya juga senang sekali melihat background pada babak finalnya, karena biasanya akan ditampilkan Castle-nya. Saya pun jadi penasaran dan search castle-castle yang ada di Jepang, dan hasilnya adalah banyak sekali. Hampir di setiap wilayah memiliki castle dan history dibalik terbentuknya castle tersebut. Beberapa castle yang membuat saya kagum adalah Himeji Castle (castle yang berwarna putih elegant dan terletak di wilayah Himeji), Osaka Castle (castle yang terkenal di Osaka, dan memegang peran yang sangat penting dalam sejarah Jepang) dan Matsumoto Castle (castle yang berwarna hitam dan terletak di wilayah Nagano).

Osaka Castle
8. Souvenir

Bento Sarubobo
Jepang terkenal sekali dengan packaging yang rapi dan sangat unik. Hampir di semua daerah di Jepang, memiliki ciri khas dan memiliki packaging yang berbeda. Yang membuat special adalah bahwa kita tidak bisa mendapatkan barang tersebut di prefecture lain, jadi pastikan saat kita melihat barang yang kita inginkan, jangan ragu untuk membelinya. Salah satunya adalah Sarubobo yang merupakan amulet, berbentuk boneka manusia kecil yang berwarna merah, terkenal di daerah Hida Takayama. Sarubobo ini tidak akan kita temukan di Osaka mapupun Tokyo. Untuk di Kyoto, saya juga menemukan snack dengan gambar kartun favorite saya, yaitu Gudetama. Gudetama di Snack ini, didekorasi dengan ciri khas Kyoto, dan tidak saya temukan Snack yang serupa di Tokyo. >.<

Gudetama Cookies
9. Anime & Manga

Gundam Figure - Odaiba
Untuk pencinta Anime & Manga, saya yakin sekali, pasti akan senang sekali untuk mengunjungi daerah Odaiba dan Akihabara. Di Odaiba terdapat patung Gundam dengan ukuran yang menyerupai aslinya, seperti yang digambarkan pada komik dan animasinya, sedangkan untuk di Akihabara tersebar berbagai toko yang menjual mainan maupun buku dan dvd. Hampir semua toko terdiri dari 3-6 lantai yang berisikan Anime & Manga. Sepertinya mengunjungi 1 hari saja, tidak akan cukup untuk explore semua tokonya. Selain harganya lebih murah dibandingkan Jakarta, tipe dan series-nya pun lebih lengkap. Bahkan kita bisa menemukan beberapa item yang limited edition. Selain itu juga terdapat berbagai theme cafe, mulai dari Gundam cafe, AKB48 cafe, dan juga Square enix cafe.

Akihabara (秋葉原)
Mungkin 9 list saya ini, hanya sebagian kecil dari beribu-ribu alasan mengapa Jepang itu sangat istimewa dan amazing sekali. Tidak sabar rasanya untuk kembali ke Jepang, dan explore lebih banyak lagi. Terutama festival musim semi, ingin sekali melakukan piknik, dan menikmati pemandangan bunga sakura yang sangat indah.

Khusus untuk pemegang E-Passport Indonesia, Visa ke Jepangitu gratis loh. Untuk yang bukan E-Passport, harga visa Jepang juga tidak mahal, hanya sekitar Rp. 330.000,- saja. Yuk tunggu apa lagi?
Jika kalian berencana untuk traveling ke Jepang tapi masih ragu dan bingung selama disana, kalian bisa juga menghubungi H.I.S. Travel Indonesia!
H.I.S. Travel Indonesia dapat membantu kalian mulai dari Individual TourGroup TourFlight TicketHotelTheme Park TicketOptional TourAirport TransferSewa Wifi, Pengurusan Visa hingga JR PASS!


Untuk saat ini, sudah tersedia juga, reservasi diawal dengan harga yang termurah, untuk semua planning perjalanan sampai akhir december 2017. Untuk detailnya bisa cek di website HAnavi  (http://www.hisgo.com)

Detail Blogger Competition, berhadiah utama Liburan ke Jepang Gratis yang diadakan H.I.S. Travel Indonesia, bisa diklik pada gambar dibawah ini:


HIS Amazing Sakura - Blogger Competition

P.S. Semua foto yang ada di post ini adalah foto yang saya ambil sendiri, silahkan menggunakan foto-nya, dengan credit blog ini. Terima Kasih :)

2 comments:

  1. Wah keren banget sist....smoga kali ini kita beruntung ya :) Kemarin yg aussie ak sempet ikutan jg..dan baca artikelnya sist...bgs lho sebenarnya. Cuma sayang kita sm2 blm beruntung kemaren...Tetap semangat sist. Aku juga sudah jatuh cinta banget sm Jepang. Pingin balik secepatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Elysa, Salam kenal~ ^^
      Thank youu, aku juga suka liat post-post yang lainnya. Post kamu juga bagus, detail bgt >.<
      Semoga kali ini kita beruntung ya dan bisa ke Jepang bareng :D

      Delete

Powered by Blogger.