Apply Online Visa Australia - ImmiAccount (Indonesia)


Hi Semua,
Setelah bulan lalu benar-benar hectic sekali, baru sempat untuk update blog. Di Post kali ini saya mau share pengalaman saya Apply Online Visa Australia dengan ImmiAccount. Pengumuman pengajuan Visa Australia untuk Indonesia secara online ini baru di publish di media social Instagram kedubesaustralia pada tanggal 20 November 2017 ini, kalau tidak salah officialnya adalah tanggal 18 November 2017.

Karena membaca beberapa review bahwa pengajuan Visa menjadi mudah dan lebih cepat, saya pun iseng mencoba untuk Apply dengan ImmiAccount. Untuk teman-teman yang mau apply melalui VFS saya juga sempat review di link ini, tapi mungkin tidak up-to-date karena ini untuk tahun 2016.

Website ImmiAccount : http://www.border.gov.au/Trav/Visa/Immi

A post shared by Australian Embassy Jakarta (@kedubesaustralia) on


Step-Step Apply Visa Online:

Register Account
https://online.immi.gov.au/lusc/register

Sebelum apply visa, kita harus melakukan registasi akun ImmiAccount. Ada 2 Step yang diperlukan untuk Register New Account.

Step 1:
Data yang diperlukan adalah Full Name, Phone Number, dan Email. Lalu klik Continue.

Step 2:
Data yang diperlukan adalah Password, Lalu 3 Security Question, dan Declaration. Lalu klik Submit.

Setelah klik Submit, kita akan menerima Email: Confirm your ImmiAccount email address, untuk verify account kita. Jika sudah selesai, kita bisa langsung untuk login.

Apply Visa

1. Login ImmiAccount
Sebelum Apply Visa, kita harus perhatikan Planned System Maintenance yang ada di Login page. Setelah masuk juga ada Current systems issues, dimana ditampilkan Issue-Issue yang ada saat ini, jadi kalau saat apply ada masalah coba dibaca lagi, mungkin issuenya sudah tercapture dan sedang dalam proses perbaikan.


2. Submit New Application
Selanjutnya adalah dengan klik New Application (1), Lalu nanti akan ada pilihan tipe Visa yang ingin kita Apply. Karena keperluan saya kali ini adalah untuk Training Tipe Visa-nya sama Visitor Visa (Subclass 600), hanya saja saya pilih Business Stream, bukan Tourist Stream. Akan ada Total 20 Page yang harus diisi (3), Jika sudah dibaca Terms & Conditions, dan Privacy Statement, kita tick I have read and agree to the terms and condition (4). Jika sudah kita klik Next.


Karena Jumlah Page yang harus diisi sebanyak 20 Halaman, kita bisa save dulu, jadi data yang sudah di input tidak hilang, dan bisa dilanjutkan kembali.



3. Attach File Supporting Documents
Sudah otomatis tersedia jenis-jenis dokumen yang required maupun yang di rekomendasikan untuk di submit. Sangat mudah sekali karena kita cukup scan document, dan upload. Ini ada beberapa contoh result document yang saya submit. Jika kita ingin menambahkan file selain dari yang tertera di List, juga bisa, tinggal kita select category-nya apa, lalu pilih others.


4. Payment
Untuk Payments saya lupa untuk capture, tetapi seingat saya ada 2 pilihan pembayaran, Credit Card atau menggunakan Paypal. Keduanya ada Surcharge sebesar AUD 1.37. Total yang dibayarkan sebesar 141.37. Setelah sukses nanti kita akan mendapatkan konfirmasi bahwa pembayaran Visa sudah berhasil, dan status applikasi adalah Submitted.

Berikut adalah Life-cycle Applikasi Pengajuan Visa:

Untuk jangka waktu proses visa bisa di refer ke Global visa and citizenship processing times.

Setelah Submitted, Status akan berubah menjadi Received, dan menandakan bahwa Aplikasi Visa kita sudah diterima oleh pihak kedutaan.


Kita masih dapat menambahkan document tambahan, dan juga melakukan update. Misalnya update salah informasi, atau pergantian nomor pasport. Saya sendiri sempat melakukan Update Informasi, karena salah pemilihan Length of Stay.


Hal yang harus diperhatikan adalah Length of Stay pengajuan Visa. Jika kita memilih Stay more than 6 month, maka kita harus melakukan MCU. Pada bagian View Health Assessment, kita bisa generate Referal Letter untuk MCU di rumah sakit yang ditunjuk oleh kedutaan. Jangan lupa untuk membawa Referal letter ini karena ada HAP ID yang nantinya setelah kita selesai MCU, Result-nya akan otomatis terupdate di Aplikasi Visa kita.


Setelah 10 hari saya akhirnya mendapatkan Visa Grant Notice melalui Email. Kita juga bisa akses ImmiAccount, dan status pada Aplikasi kita sudah berubah menjadi Finalised.


Berikut adalah Visa Grant Notice yang diberikan. 


Review:
Pros:
1. Pengajuan lebih mudah karena website sangat user friendly.
2. Cukup dengan scan document dan upload secara Online. Jika kita sudah punya softcopy jadi lebih cepat.
3. Bisa di submit kapan saja, tidak perlu menunggu jam operasional, atau menambah biaya transport ke Kuningan City.
4. Biaya lebih murah IDR 150.000 compare dengan pengajuan applikasi via VFS (Ini hanya kisaran, karena biaya tergantung kurs saat apply visa)

Cons:
1. Contact dengan Kedutaan hanya dengan mengisi form di website kedutaan. 
2. Proses Visa dari Received sampai ke Finalised atau Information Requested sangat lama, compare dengan pengajuan di VFS, waktu grant Visa lebih cepat. Teman saya yang mengajukan Visa di VFS di tanggal sama dengan saya, langsung di grant dalam waktu 1 hari.

ImmiAccount ini sangat recommended sekali untuk teman-teman yang berada di luar kota, dan yang memiliki waktu lebih panjang sebelum perjalanan ke Australia. Kunci-nya adalah submit semua dokument sesuai dengan check list document, dan sabar. 

Untuk teman-teman dengan waktu yang sedikit lagi berangkat, saran saya adalah langsung Apply di VFS. 

Good Luck for Visa Application-nya ;)

Post ini dibuat sebagai panduan teman-teman yang ingin Apply Visa Australia secara Online. Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan, review ini ditulis berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Kalau ada pertanyaan bisa comment di post ini, saya akan bantu jawab sebisa saya.

Thank you for reading.

65 comments:

  1. halo.. dapetnya cepat 10 hari yah? ini status saya received sejak tgl 22 Dec, sampai hari ini (10 jan) belum berubah2 juga.. tau ga harus tanya ke mana? saya tanya ke vfs, mereka bilang ga tau kalau online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya lupa balas. Apa statusnya sudah dapat? Kemarin saya cuma submit form di webnya, karena ada salah submit. Selebihnya memang harus sabar nunggu :’)

      Delete
    2. Hai Natasya, mau tanya kalau salah memasukan length of stay, cara update informasinya bagaimana ya? karena saya tidak mau melakukan health check, takut ga keburu karena akan pergi dalam 2 minggu, thanks before for the info =)

      Delete
    3. Ivana terakhir dapat gak visa nya

      Delete
  2. Mbak Tiffany makasih tipsnya. Saya juga baru nyadar kalo ke vfs dan visa online ternyata beda. Saya juga sedang apply melalui online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama” mbak neneng natalia. Iya beda, memang lebih murah online tapi lebih lama saja dan cuma upload” gak perlu ke vfs-nya

      Delete
  3. Salam kenal mbak natasya tiffany.. wah bermanfaat banget tulisannya... bulan depan rencananya saya juga mau apply online... untuk visa turis keluarga. Nah saya khan berangkat dengan suami dan bayi saya, itu kalau mau apply online berarti bikin 3 akun begitu ya di Immiaccount ? hmmm saya googling belum banyak artikel yang membahas urus visa Australia secara online ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mba Giovanni :D
      Bikin 1 Akun aja mbak, nanti bisa buat 3 applikasi. Aku belum coba sih, karena kemarin cuma buat sendiri. Tapi yg multiple ini ada di FAQ-nya: https://goo.gl/Tx9dZv
      Semoga lancar ya mba pengajuan visanya :D

      Delete
    2. Wah iya... tak pelajari dulu juga wes semua FAQ nya... hehe... terima kasih mbak... =)

      Delete
  4. Hai salam kenal...

    wah cepet juga ya dapetnya 10 hari...ak kurang teliti deh waktu itu ga liat gambarnya ternyata wkt processing km 7-17 hari dan dpt dlm wkt 10 hr...ak pikir bakal sama aja rata2 10 hari...skrg lg deg2an krn ternyata processing timenya 20-33 hari ... ak baru submit tgl 12 dan tiket pesawatku tgl 15 Maret ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Karina, Iya jangka waktu proses selalu di update di web-nya. Dulu ada juga yang dapat dalam 5 hari kerja, ada faktor dari quota yang submit sama data validasi. Semoga cepat keluar ya Visanya >.<

      Delete
    2. Karina, terakhir di approve gak visa nya

      Delete
    3. Quota Dan validasi Maksudnya apa ya mbak

      Delete
  5. Hi mbak Natasya,
    Boleh tau gak pas register, isi phone numbernya apkah boleh pake telpon HP? Terus gimana dengan kolom yg mobile number say? Makasih ya say :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Amelia, Kalau saya kemarin pakai telepon rumah, tapi kalau memang tidak ada seharusnya boleh diisi mobile number :D

      Delete
  6. Hi mbak Natasya,
    Boleh tau gak pas register, isi phone numbernya apkah boleh pake telpon HP? Terus gimana dengan kolom yg mobile number say? Makasih ya say :)

    ReplyDelete
  7. Thank u for the information …but if you want know easy ways to apply for Online Australia visa .just visit australiae-visa.com

    ReplyDelete
  8. Hi mbak natasya, mohon info lagi dung, dulu waktu apply terkait Attach File Supporting Documents, itu bentuk nya apa harus PDF semua ya ? terus apa ada maksimal berapa MB begitu ukurannya ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Giovanni, kebetulan saya *.pdf semua agar lebih mudah saja. Untuk ukuran file maximal 5MB, untuk jumlahnya max 60 file. Setau saya tidak harus pdf semua, bisa juga tipe file lain seperti *.jpg ataupun *.png. Untuk detailnya bisa cek disini: https://www.homeaffairs.gov.au/trav/visa/atta

      Delete
  9. Hi Natasya, salam kenal, membantu sekali blog dan review nya. Kebetulan saya mau ke Oz bulan sept, apakah recommended kalau mau apply via online dr bulan april? Krn biasanya minimal 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Sdh baca2 tp tdk ketemu utk informasi yg ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Santi, salam kenal.
      Kalau saya sarankan jangan apply bulan april jika pergi september. Karena kalau misalnya di approved visa-nya, statusnya akan langsung aktif hingga 3 bulan kedepan. Takutnya jika prosesnya cepat, maka masa berlaku visanya juga sudah habis sebelum dipakai. Saran saya 3 sampai 2 bulan sebelumnya saja, bulan akhir juni setelah lebaran atau bulan july, jadi masih ada waktu untuk persiapan rekening koran dan sebagainya :D

      Delete
  10. Thanks utk speedy reply dan sarannya. Kl utk step -2 apply online, kita hrs click yg evisitor or tourist visa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya pilih yang Tourist Visa, nanti pilih yang Tourist Stream. Untuk yang eVisitor, setau saya Indonesia belum eligible untuk yang ini, jadi kita harus yang Tourist Visa :D

      Delete
  11. Mbak natasya makasihh banyak ya... Visa saya sekeluarga sudah granted... cepet banget, ngurus jum'at, selasa uda granted... =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Mba Giovani.
      Selamat ya visanya sudah granted. Cepet juga ya cuma 3 hari.
      Kalo boleh tahu processing timesnya tertulis berapa hari sewaktu submit? Saya khawatir soalnya saya submit H-20 sedangkan estimatenya 21 - 31 days.
      Terima kasih sebelumnya.

      Delete
    2. Kemaren waktu saya submit, balesannya gini mas,
      Your Application will be processed. this can take some times. Find out how long it generally takes to process applications on our webpage https://www.homeaffairs.gov.au/about/access-accountability/service-standards/global-visa-citizenship-processing-times

      *Processing times for the Tourist stream range from 48 hours to more than 20 days depending on factors such as peak processing periods in a particular location.

      Mas nya untuk apply visa turis juga ?

      Delete
    3. Iya, Mba. Visa tourist juga. Dari beberapa info yang saya dapat sih aktualnya 1 mingguan ya. Semoga bisa granted secepatnya deh. Btw makasih ya infonya.

      Delete
    4. Mba giovanni anggasta mau tanya pengajuan familynya bagaimana yaa apakah mereka harus buat account jg?saya ada baby jg soalnya. Terima kasih sebelumnya

      Delete
    5. Iya mas @rizky akbar.. sya bikin 1 akun, 1 kelompok (nama keluarga), untuk 3 orang. Saya, suami saya dan bayi saya....

      Delete
    6. Mas ferry, Akhir nya terkejar gak visa nya

      Delete
  12. Halo, yg di scan harus berbentuk format kertas A4 atau misal buku passport kita scan, bisa lgsg di upload? thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, maaf saya baru sempat balas. Kemarin saya submit format A4, scan dan langsung upload. Tidak saya crop :D

      Delete
  13. Hello ,you blog is very very nice ..thanks for the information …if you want to know about Australia visa just check with
    online tourist visa application for Australia
    ..

    ReplyDelete
  14. Halo mba, terima kasih infonya.
    saya mau tanya, apakah dokumen seperti Ktp, akta lahir dan slip gaji dalam bahasa Indonesia harus ditranslate terlebih dahulu ke bahasa inggris?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, kalau kemarin saya tidak translate untuk KTP, Slip Gaji juga tidak saya translate, hanya saya scan, lalu saya upload saja sesuai dengan category document-nya. :D

      Delete
    2. saya sudah dpt visa nya. proses cepat hanya 2 hari kerja dan dapat3 tahun multiple entries. Terima kasih atas tulisannya di blog ini, sangat membantu :D

      Delete
    3. Dokumen2 penunjang ditranslate bhs inggris atau scan apa adanya?

      Delete
    4. Hi ...2 hari kerja itu via vfs atau online ya ..thks

      Delete
  15. Mb Natasya, Trmksh blog nya membatu sekali.. berguna banget utk kami yg tinggal di indonesia Timur ngga perlu ke jakarta lagi..saya lagi apply visa tourist utk saya sekeluarga web border nya user friendly banget.. 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mb Evie, sama" mbak, senang bisa bantu juga. Semoga cepat di approve visa-nya ya :D

      Delete
  16. Hai mba Natasya, makasih banget infonya.
    Saya mau tanya kalau bikin untuk sekeluarga, apa harus create group?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Okta, boleh dibuat group mbak, mungkin biar lebih mudah dari pihak imigrasinya untuk tau kalau kepergiannya 1 group. :D

      Delete
    2. kalau misalnya pengajuan visanya ditolak, apa masih tetap dikenakan biaya, mba?

      Delete
    3. Hi Mba Okta, iya tetap dikenakan biaya. Karena setelah kita bayar, visa kita baru akan di proses, dan jika di tolak tidak ada pengembalian biaya.

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  18. Dear Mb Natasya.. VISA KAMI SEKELUARGA SDHN FINALISED PER 09 APRIL 2018, akhirnya kami bisa liburan ke ausie juni 2018 nanti...TERIMKSH BANYAK BERKAH BACA BLOG MB..SAYA MENCOBA APPLY ONLINE TANPA HRS DATANG KE JAKARTA LAGI.. BIG THANKSSS SUKSES SELALU UNTUK MB NATASYA!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Mba Evie. Kalo boleh tahu pengajuan visanya tanggal berapa ya? Saya masih menunggu dari tanggal 11, masih belum finalised. Terima kasih.

      Delete
    2. Sama-sama Mba Evie. Senang bisa membantu. Happy holiday :D

      Delete
  19. Hi, Natasya. Terima kasih atas sharingnya di blog ini. Akhirnya visa saya disetujui walaupun gak secepat teman-teman di sini. Sempat deg-degan karena saya berangkat tanggal 30 April. Saya apply tanggal 11 April dan hari ini tanggal 18 April baru dapat grant notificationnya.

    Sekedar sharing aja, sebelumnya saya sempat apply lewat VFS di awal bulan, namun tidak disetujui. Lalu saya nekat untuk apply lagi secara online dengan dokumen pendukung yang jauh lebih lengkap dan ternyata tidak sia-sia.

    Buat temen-temen yang punya pengalaman buruk visanya ditolak jangan berkecil hati. Memang kalo visa ditolak itu rasanya luar biasa sakit dan yang bikin desperate terkadang kita ga tau apa penyebabnya. Kalo bisa sih sekali apply bisa langsung disetujui. Yang penting kasi dokumen pendukung selengkap-lengkapnya dan Cover Letter itu sangat perlu agar pihak kedutaaan memahami secara detail kondisi dan semua penjelasan yang kita punya.

    Good luck buat yang sedang apply visa dan happy holiday buat yang akan berlibur ke Aussie. =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Congratulation Ferry untuk Visanya, Thank you juga sudah sharing pengalaman proses visanya, Happy Holiday :D

      Delete
    2. Info nya membantu.... Cover letter itu apa ya

      Delete
    3. Cover letter itu penjelasan mengenai profile, kondisi keuangan (yang tentunya harus dilengkapi dengan evidencenya), detail perjalanan, dan hal-hal lain yang dapat menjamin bahwa ybs akan kembali ke Indonesia sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

      Delete
  20. Halo Mba Natasya, untuk pencantuman foto apakah dari file CD bisa langsung kita attach aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Florentine, bisa mbak, selama kriteria file sudah sesuai bisa langsung attach. :D

      Delete
  21. Ijin Mb Natasya saya jawab ke Mb Forentine, pencatuman foto bisa kok download dari file cd, utk file dokumen akte kk ktp malah saya langsung foto dari hp saya langsung juga bisa kok (saya ngisi formulir applikasi nya langsung dari hp bisa kok Mb.. decision dapat Ausie Visa kami sekeluarga 9hari kalender.

    ReplyDelete
  22. Tanya..
    Semua yg berhasil dpt visa nya apakah dokumen penunjang seperti KTP, KK, akte lahir ditranslate bhs inggris atau langsung scan apa adanya?
    Utk foto, apakah mengikuti ketentuan brp x brp cm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Sigaret, Saya langsung pakai scan yang asli, tidak di translate. Untuk foto latar putih dengan ukuran 4x6cm

      Delete
  23. Thanks for sharing this useful post ! Apply now foreta visa Australia online, Online Australia n ETA online by visiting our website and get your visa in few hours!

    ReplyDelete
  24. Big thank mba Tiffany for your info. Kemarin saya baru apply untuk tourist stream. Untuk range tertulis 17-29 hari processing. Berharap bisa granted secepatnya, walau rencana keberangkatan 30 july (tiket udah dibeli).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada kabar update ya traveler girl

      Aku juga apply buat 13 June (dimana peak seasion) aku apply 15 may.... Range 17 -29 hari

      Delete
    2. Hello kak Yenti, udah granted atau belum visanya? Aku sudah di granted untuk 12 bulan. Submit dokumen tgl 16 Mei, dibalas 21 Mei.

      Delete
  25. kakak-kakak, boleh dong share. aku sudah lengkap aplikasi online dan tinggal bayar. Aku pakai Debit Card sampai ada 2 aku coba, tapi udah 2 hari ini gak bisa juga. kebetulan aku belum punya Credit Card. Apa ada yang punya solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin waktu aku apply juga pakai debit card, dan bisa kok. Di card debit nya ada logo visa atau mastercard tidak. Klau ada logo itu harusnya bisa dipakai.

      Delete
  26. hello kak,iya ada logonya tapi tetap gak bisa, akhirnya aku pake CC adek. BTW teman2, apakah bisa kalau mau attach dokumen tambahan yang via online bisa setelah 3 hari submitted dokumen? kebetulan ada 2 dokumen yang ketinggalan. Holy molly...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.