[Jakarta] Ragam Cita Rasa Masakan Kalimantan


Dalam rangka untuk memperingati perayaan ke-53 Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, bersamaan dengan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta mengajak kita semua untuk dapat menikmati cita rasa masakan Indonesia di Signature Restaurant. Dengan tema 5 Islands in 5 weeks, kita untuk dapat menikmati makanan khas daerah yang tersebar di 5 pulau besar di Indonesia dalam waktu 5 minggu, yaitu mulai dari tanggal 5 Agustus 2015 - 8 September 2015. 


5 Islands in 5 weeks ini dapat dinikmati setiap hari, untuk makan siang jam 12:00 siang sampai jam 3:00 sore, dan makan malam  dari jam 6:00 sore sampai jam 10:00 malam.


Signature Restaurant merupakan salah satu Restaurant Buffet yang terbaik di Jakarta. Selain masakan dalam negeri, kita pun dapat menikmati makanan dari negara lain. Signature restaurant memiliki Indoor dan Outdoor, saya sangat suka dengan dekorasi yang diberikan, pada Indoor dekorasi sangatlah elegant, ada berbagai lukisan yang menggambarkan Indonesia secara keseluruhan, modern tetapi tidak meninggalkan unsur traditional. Sedangkan untuk Outdoor, sangat simple, dan dikelilingi oleh pohon dan beberapa patung.



Selain dekorasi yang sangat menarik, Signature Restaurant juga menyediakan tempat bermain untuk anak-anak, sehingga anak-anak tidak akan bosan untuk menunggu orang tua mereka yang sedang mengadakan acara keluarga, maupun acara bersama teman-teman, dan tidak akan menggangu pengunjung lain.



Untuk 5 Islands in 5 weeks ini, saya memilih pulau Bali, tetapi dikarenakan satu dan lain hal, sehingga saya berhalangan, dan saya memutuskan untuk memilih masakan Kalimantan pada tanggal 29 Agustus.

Berikut adalah makanan-makanan yang saya rekomendasikan:

1. Beef Martabak (Martabak Daging)
Martabak merupakan makanan kesukaan saya. Ada 2 martabak yang disajikan, Beef Martabak dan Vegetable Martabak. Saya suka kedua martabak ini, isinya sangat banyak, dan kulit dari Martabak sangatlah renyah. Dari segi penampilan, penataan-nya sangat menggoda, dan rasa dari Martabak ini pun tidak kalah enak.



2. Iwak Baubar (Grilled Fish Banjarmasin Style)
Iwak Baubar merupakan makanan khas Kalimantan Tengah, yang artinya Ikan yang dibakar. Ikan bakar yang disajikan sangatlah fresh dan sangat berbumbu. Bumbu sangat meresap dengan baik sehingga kita dapat langsung menyantap ikan bakar ini tanpa nasi dan tambahan bumbu penyedap rasa lainnya. Disediakan juga cabai sebagai pelengkap dari hidangan ini.



3. Ayam Cincane (Grilled Spicy Chicken)
Ayam Cincane merupakan makanan khas Samarinda, Kalimantan Timur. Ayam Cincane ini aslinya bewarna kemerahan. Rasa yang diberikan sedikit pedas, bagi yang menyukai masakan pedas, bisa ditambahkan cabai untuk melengkapi rasa pedas dari Ayam Cincane ini.



4. Dadah Belasan (Aromatic Dayak Kalasan Chili Sauce with Shrimp Paste)
Dadah Belasan merupakan sambal khas Dayak, Kalimantan. Terbuat dari rempah-rempah khas Indonesia, sehingga Dadah Belasan kaya akan rasa. Walaupun dinamakan Aromatic Dayak Kalasan Chili Sauce, Dadah Belasan sama sekali tidak pedas.



5. Ikan Masak Habang (Caramelize Fish Cooked with Habang Chili)
Masak Habang atau yang biasa dikenal dengan Masak Merah, merupakan masakan khas Banjarmasin, Kalimantan selatan. Untuk masak habang, dapat menggunakan alternative lain selain menggunakan ikan, yaitu bisa dengan daging, ayam, bebek, maupun iga sapi. Di Signature Restaurant sendiri, tersedia ikan, bebek dan iga sapi,



6. Bebek Masak Habang (Caramelize Duck Cooked with Habang Chili)
Jika sebelumnya saya membahas mengenai Ikan Masak Habang, untuk kali ini adalah Bebek Masak Habang. Saat menyantap makanan ini, rasa bebeknya sangatlah lezat, tidak terasa seperti bebek, dagingnya tidak terlalu matang maupun mentah, sangat pas sekali.



7. Ayam & Telur Masak Lo (Aromatic Chicken Breast & Hard Boiled Egg Stew)
Ayam & Telur Masak Lo juga menjadi menu favorite saya. Rasa kuah yang diberikan sangatlah unik bagi saya, dan meresap sampai ke daging ayam.



8. Telur Dadar Pare
Pare? Siapa yang tidak tahu Pare? Saya sangat terkejut bahwa Telur dadar Pare merupakan makanan rumahan khas kalimantan. Rasa makanan ini seperti telur dadar pada umumnya, yang membuat special adalah rasa pare yang pait namun tetap lezat saat dimakan.



9. Lawa Mentimun (Spiced Grated Cucumber Mixed with Shredded King Prawn)
Lawa Mentimun merupakan masakan khas Kalimantan Utara. Diberikan nama Lawa Mentimun dikarenakan bahan dasar untuk membuat masakan ini adalah mentimun. Awal pertama saya lihat masakan ini, saya mengira ini adalah jelly fish, ternyata setelah saya baca tag yang tertera, ini adalah mentimun. 

10. Kue Putu
Betapa saya sangat senang saat melihat dessert yang disediakan, salah satunya adalah Kue Putu. Kue Putu merupakan kue khas Kalimantan Selatan. Sudah lama sekali saya tidak makan Kue Putu, karena di Jakarta ini, sangatlah jarang untuk menemui penjual Kue Putu. Sekarang sudah banyak tergantikan dengan Cilok, mapun Cimol. Saya sangat senang sekali Signature Restaurant sampai menyediakan Pak Penjual dan gerobak Kue Putu ini, sehingga memberikan kenangan akan tradisi lama.



Tarian khas Dayak-pun ikut meramaikan suasanan saat menikmati hidangan Kalimantan. Tarian yang dibawakan dengan baju traditional khas Dayak ini, sukses membuat semua pengunjung terpukau.



Selain masakan traditional Indonesia yang ditawarkan, Signature Restaurant juga tetap menyajikan masakan dari berbagai negara lainnya.



Terima Kasih saya ucapkan kepada Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, atas kesempatan yang diberikan untuk mengikuti writing competition ini, dan untuk merasakan cita rasa masakan Kalimantan.

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta
Jl. MH Thamrin No. 1 · Jakarta 10310  ·  Indonesia 





xoxo, nat




2 comments:

  1. kuliner Indonesia itu kaya banget yah, satu daerah aja bisa banyak banget aneka kulinernya :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.