Summer in Okinawa Travel Guide

by - 7:11:00 PM


Konnichiwa (こんにちは),
Tidak menyangka bahwa sekarang sudah bulai Mei, dan berarti sudah Musim Panas / Summer (夏, natsu) di Jepang~ Yatta! Karena hanya tinggal di negara dengan 2 Musim, membuat saya ingin sekali mengunjungi dan merasakan bagaimana rasanya tinggal di Jepang di setiap musim-nya. Musim Panas di Jepang di mulai dari tanggal 7 May sampai dengan 8 August. Jika sebelumnya saya pernah membahas tempat wisata musim dingin di Nikko, Jepang. Dikesempatan kali ini saya akan bahas destinasi yang pas sekali untuk menikmati Musim Panas di Jepang, yaitu Okinawa! Semoga di Summer ini saya benar-benar bisa pergi ke Jepang~ Watashi no kouun wo inotte kudasai! (Wish me luck ^^)

-  -  -

Dari sekian banyak kota di Jepang, kenapa Okinawa?
Karena saya suka sekali dengan Pantai dan Okinawa memiliki keindahan pantai yang sangat luar biasa indah dan sangat bersih. Okinawa berjarak 1536.92 km dari Tokyo, walaupun letaknya berada di prefecture paling selatan Jepang, hanya butuh waktu tempuh sekitar 3 jam dengan pesawat. Okinawa dikelilingi oleh laut dengan warna biru cobalt, karang yang masih alami dan sangat indah, dan banyaknya variasi hewan laut. Okinawa pun sangat ideal sekali untuk menikmati liburan, dengan snorkeling, atau diving, maupun bersantai di pinggir pantai sambil menikmati sunset. 

Okinawa adalah Prefecture Jepang yang ke 47, dan terdiri dari Pulau yang paling besar dinamakan Okinawa Honto, dengan ibu kota Naha. Pulau Okinawa terbagi atas 4 area, Area Pertama adalah area Okinawa Honto, Kedua adalah Pulau Miyako, Ketiga adalah Pulau Kerama dan Keempat adalah Pulau Yaeyama dan termasuk Pulau Ishigaki. Semuanya memiliki kultur, dan tradisi yang unik dan berbeda satu sama lain.

Okinawa Map; Source: japan-guide.com
Karena terlalu banyaknya tempat yang menarik yang bisa dikunjungi, saya sampai bingung sendiri untuk memilihnya. Saya akan coba untuk list destinasi yang menjadi Top Priority saya jika nantinya saya ke Okinawa:

1. Shurijo Castle 
Shurijo Castle; Source: okinawahai.com
Ke Okinawa kita tidak hanya untuk melihat pantai loh, di Okinawa ini juga ada Istana, salah satunya adalah Shurijo Castle. Shurijo Castle ini adalah simbol dari era Ryukyu Kingdom, dan merupakan pusat politik, diplomasi, dan kebudayaan dari kesuksesan raja setelah integrasi kerajaan Ryukyu. Shurijo Castle ini terdaftar dalam World Heritage loh! Saat ke Shurijo Castle jangan lupa untuk berfoto dengan gerbang Shureimon (Shureimon Gate). Gerbang Shureimon adalah gerbang kedua Shurijo Castle, yang juga menjadi spot foto favorite para turis.


Shureimon Gate; Source: japan-guide.com
Informasi Shujiro Castle
Official Website: http://oki-park.jp/shurijo/
Alamat : 1 Chome-2 Shurikinjocho, Naha, Okinawa Prefecture 903-0815, Japan
Jam Buka: 8:30 - 19:00 (18:00 untuk bulan December-March, 20:00 untuk bulan July - September)
Tutup: Hari Rabu dan Kamis minggu pertama di bulan Juli
Biaya Masuk: ¥820

2. Nakagusuku Castle Ruin
Nakagusuku Castle; Source: okinawaphotographytours.com
Nakagusuku Castle merupakan salah satu istana yang dibangun pada era Ryuku Kingdom. Walaupun bentuknya sudah tidak utuh seperti istana pada umunnya, daya tarik Nakagusuku tidaklah berkurang sama sekali. Nakagusuku Castle ini termasuk dalam UNESCO World Heritage Sites di tahun 2000, dan juga termasuk 100 istana yang terkenal di Jepang. Bagunan yang dibuat dari batu ini sangatlah unik dan mempesona. Saya tidak habis pikir, bagaimana mereka membangunnya dari awal? Dari Castle ini juga, kita juga bisa melihat pemandangan sepanjang teluk Nakagusuku yang indah.

Informasi Nakagusuku Castle
Official Website: http://www.nakagusuku-jo.jp/en
Alamat: 03 Ogusuku, Kitanakagusuku, Nakagami District, Okinawa Prefecture 901-2314, Japan
Jam Buka: 8.30-17.00 (8.30-18.00 bulan Mei - September)
Biaya Masuk: Dewasa ¥400, Student ¥300, Child ¥200

3. Blue Cave, Maeda cape
Cape Maeda; Source: 1.bp.blogspot.com
Setelah castle, destinasi ke tiga yang harus didatangi adalah Maeda Cape. Maeda Cape ini merupakan tempat terbaik untuk scuba diving, snorkeling di Okinawa. Lokasinya ada di tengah Okinawa, tepatnya di Onna Village. Dinamakan Blue Cave karena warna air yang sangat biru dan transparant. Jika kita melakukan diving, pemandangan yang didapat sangatlah indah dan memukau sekali. Kita bebas berenang atau snorkeling di daerah ini, hanya saja ada beberapa peraturan yang perlu ditaati. Jika ingin melakukan diving sebaiknya mengikuti tour saja, karena lebih aman.


Blue Cave; Source: visitokinawa.cn
Informasi Blue Cave, Cape Maeda
Official Website: http://www.maedamisaki.jp/index.html
Alamat: 469-1, Maeda, Onna Village
Telpon: 098-982-5339 (Cape Maeda Management Office)
Jam Buka: 8.00-17.30 (November sampai March), 7.30-18.00 (April), 7.00-19.00 (May sampai October)
Biaya Masuk: Ada biaya parkir jika kita membawa kendaraan pribadi

4. Ocean Expo Park
Taman terbesar di Okinawa adalah Ocean Expo Park ini. Kita tidak akan rugi saat mengunjungi taman ini, kenapa? Karena di taman ini terdapat berbagai atraksi yang dapat kita datangi dalam hari yang sama, antara lain Churaumi Aquarium, Tropical Dream Center, dan Pantai Emerald.  

4.1 Chuaraumi Aquarium 
Chuaraumi Aquarium; Source: static.beecrazy.hk 
Chuaraumi Aquarium dinobatkan sebagai Aquarius terbaik di Jepang, tidak hanya itu, di Chuaraumi Aquarium ini, juga terdapat Kuroshio Tank yang merupakan terbesar di dunia. Di Kuroshio Tank ini kita dapat melihat berbagai variasi hewan laut, mulai dari paus, hiu dan manta rays.

4.2 Tropical Dream Center
Tropical Dream Center; Source: okinawatravelinfo.com
Bagi kalian pencinta bunga dan tanaman, wajib sekali mengunjungi Tropical Dream Center. Seperti namanya, sepertinya kesini adalah sebuah impian sekali. Disini kita bisa melihat berbagai jenis bunga anggrek, kumpulan bunga dan buah di negara tropis dan juga terdapat rumah kaca yang sangat besar. 

4.3 Pantai Emerald (Emerald Beach)
Emerald Beach; Source: static.next.nextmedia.com
Pantai Emerald adalah salah satu atraksi yang ada di Ocean Expo Park yang bisa dikunjungi gratis tanpa biaya masuk. Di Pantai ini dibagi menjadi 3 area, area bermain, area beristirahat, dan area untuk melihat pemandangan. Disini juga disediakan fasilitas, dan berbagai pilihan aktivitas air. 

+ Ocean Expo Park Summer Festival
Dipantai ini juga merupakan tempat diadakan Ocean Expo Park Summer Festival. Di festival ini, tidak hanya ada kembang api, tapi juga ada tarian Eisa, Drum Taiko, dan terdapat berbagai aktifitas dari siang. Biasanya festival ini diadakan di pertengahan July.


Ocean Expo Park Summer Festival; Source: oki-park.jp
Kembang api-nya bagus banget ya? Jadi semakin ingin ke Okinawa >.<

Informasi Ocean Expo Park
Official Website: http://oki-park.jp.e.ms.hp.transer.com/kaiyohaku/
Alamat: 424 Ishikawa, Motobu-cho, Kunigami-gun, Okinawa
Jam Buka: 8.00 - 19.30 (Maret - September), 8.00 - 18.00 (October - February) 
Biaya Masuk: Free, free parking at Ocean Expo Park

Informasi Chuaraumi Aquarium
Jam Buka: 8.30 - 20.00 (Maret - September), 8.30 - 18.30 (October - February) 
Biaya Masuk: Dewasa ¥1,850, Student ¥1,230, Child ¥650, Dibawah 6 tahun Free

Informasi Tropical Dream Center
Jam Buka: 8.30 - 19.00 (Maret - September), 8.30 - 17.30 (October - February) 
Biaya Masuk: Dewasa ¥650, Student ¥650, Child ¥350, Dibawah 6 tahun Free

5. Pulau Kaori
Kaori Bridge; Source: flyinthesky2012.blog.fc2.com
Pulau Kaori adalah pulau kecil yang terletak di utara Okinawa. Di tahun 2005, Jembatan Kaori dibuat untuk menghubungkan Pulau Kaori dengan Pulau Yagaji, sehingga bisa ditempuh melalui kendaraan pribadi. Pantai Tinu berada di utara pulau Kouri, dan terdapat batu besar yang berbentuk hati.


Karang Hati di Pantai Tinu; Source: eturaku.jp

5.1 Kouri Ocean Tower
Jangan lupa untuk mengunjungi Kaori Ocean Tower. Tower ini kita bisa melihat pemandangan gradasi warna laut yang sangat indah. Di Kaouri Ocean Tower juga terdapat tempat observasi dengan 10.000 variasi kerang di dunia.


Kouri Ocean Tower; Source: flyinthesky2012.blog.fc2.com
Informasi Kouri Ocean Tower
Official Website: http://www.kouri-oceantower.com/en/index.html
Alamat: 538Kouri, Nakijin village, Kunigami-gun,Okinawa 905-0406 Japan
Telepon: 0980(56)1616
Jam Buka: 9.00-18.00
Biaya Masuk: Dewasa ¥800, Pelajar ¥600, Anak Kecil ¥300

6. Eisa Night
Performer di Eisa Night; Source: oki-islandguide.com
Eisa Night merupakan acara di musim panas yang diselenggarakan di Okinawa, di setiap weekend. Acara ini dimulai dari pertengahan bulan Juni, antara tanggal 12-14 dan diadakan di venue yang berbeda-beda. Di acara ini, kita dapat menyaksikan pertunjukkan Eisa yang dimainkan oleh anak-anak muda secara gratis.  

Untuk Tahun 2016 ini, untuk tanggal dan lokasi dapat melihat di link ini. Jadwal juga dapat berubah sewaktu-waktu dikarenakan cuaca.
-  -  -
Next, Saya akan bahas mengenai makanan~ Pasti pada penasaran kan, makanan apa aja yang paling favorite dan menjadi khas Okinawa. Yuk langsung aja~

1. Okinawa Soba
Okinawa Soba; Source: tsunagujapan.com
Di Okinawa ternyata memiliki menu Soba yang unik. Soba menyerupai udon, tetapi teksture-nya lebih menyerupai mie tebal. Okinawa Soba ini disajikan dengan 2 kaldu, yaitu konbu (kaldu dari rumput laut) dan katsuobushi (kaldu dari daging babi). Topping yang digunakan pada Okinawa Soba umumnya adalah kamaboko (kue ikan), daun bawang, dan potongan tipis daging perut babi atau bisa juga soki (daging iga babi tanpa tulang). Ada 2 variasi yaitu Sōki soba dengan topping tambahan tulang iga, dan Tebichi soba dengan toping kaki babi.
2. Hirayachi
Hirayachi; Source: temporarilylostdotcom.files.wordpress.com
Makanan kedua adalah Hirayachi. Ini adalah crepe yang berbentuk pizza, rasanya tidak manis, dan tidak begitu asin, menyerupai okonomiyaki. Pembuatannya juga tidak terlalu rumit, hanya menggunakan adonan pancake, ditambah dengan topping saos mayo, rumput laut, dan Katsuobushi (Ikan cakalang yang dikeringkan, biasa ada di takoyaki). Selain ini juga ada Hirayachi versi Taco.


3. Amagashi
Amagashi; Source: okinawatravelinfo.com
Makanan utama sudah, rasanya ada yang kurang jika tidak menambahkan dessert dalam list makanan ini. Amagashi menjadi pilihan dessert yang akan saya bahas. Amagashi merupakan makanan tradisional Okinawa. Amagashi ini terbuat dari gandum, kacang merah atau kacang hijau dan dipanaskan dengan gula merah, lalu ditambahkan es serut. Saat summer, Amagashi menjadi salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan di Okinawa. Ada beberapa toko yang special menjual Amagashi ini. 
4. Awamori
Awamori; Source: kampai.us
Awamori merupakan minuman yang paling populer di Okinawa. Ini merupakan minuman tradisional yang berasal dari jaman dinasti, dibuat dari ermentasi beras, dan umumnya disajikan di dalam gelas setelah dicampur air (mizuwari). Awamori memiliki kandungan alkohol antara 30% hingga 60%. Awamori. Semakin lama disimpan, maka hasil dari fermentasi adalah aroma semakin kuat dan rasanya sangat pekat. Biasanya dimakan bersama makanan tradisional Okinawa.

Transportasi
http://his-travel.co.id/japan-tour-hanavi

Untuk Transportasi ke Okinawa dari Jakarta, sejauh saya mencari informasi-nya, belum ada direct flight, kita harus transit terlebih dahulu, tergantung maskapai penerbangan-nya. Saran saya jika kita ingin berlibur ke Okinawa, kita bisa ambil flight dari Tokyo. Jadi bisa jalan-jalan di Tokyo dulu beberapa hari. Untuk di Tokyo jangan khawatir, H.I.S. menyediakan berbagai land tour di Jepang yang dapat kita pilih, sehingga kita tidak perlu bingung lagi :D

Saya juga ingin memberikan info tambahan untuk teman-teman yang mau travelling ke Jepang, kalian bisa mengakses website H.I.S.H.I.S. menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata Anda.

Saya sendiri sering cek website H.I.S, dan teman saya yang menggunjungi Jepang Sakura kemarin mengatakan bahwa dia membeli JR Pass di H.I.S. dan jatuhnya lebih murah, dan dia merasa sangat tenang selama perjalanan di Jepang, karena semua sudah dia siapkan di Indonesia.



Bagi teman-teman yang ingin mencari tiket penerbangan maupun hotel dengan harga murah, bisa juga loh cek di HAnaviHAnavi adalah kolaborasi antara H.I.S. dengan ANA (All Nippon Airways) yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. HAnavi menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka.

 

Untuk tau update terbaru bisa langsung follow Media Social H.I.S.


Bagaimana teman-teman dengan post ini? Apa jadi semakin pengen ke Jepang? Saya sendiri pun ingin sekali, semoga post saya bisa membantu teman-teman sekalian, dan kita bisa pergi bersama ke Jepang ^^

"Nihon no Bunka ya Kankouchi no Jiman Shitteru yo!"

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition
#HISSummerTrip

Source:
http://en.okinawastory.jp/
http://www.okinawa-information.com/content/oceanexpopark-summer-festival
http://okinawaclip.com/en/detail/403
http://tvb4life.pixnet.net/blog/post/186813234
http://ashtonabroad.blogspot.co.id/2013/08/day-361.html
http://www.japan-guide.com/e/e7109.html
http://okinawatravelinfo.com/sightseeing/kaiyouhaku/
http://flyinthesky2012.blog.fc2.com/blog-entry-548.html
http://en.okinawastory.jp/events/7419.html
https://temporarilylost.com/2013/08/16/goya-champuru-taco-rice-and-awamori-liquor-the-unique-cuisine-of-okinawa/
http://kampai.us/tag/kusu-awamori/

You May Also Like

0 comments