[ID] Perpanjang E-Paspor via M-Paspor di Imigrasi Jakarta Barat

Halo Semua,

Sudah lama tidak update blog, kali ini saya mau sharing terkait proses perpanjang paspor.



Ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu:

1. Follow media social imigrasi;


Saya follow Instragram Imigrasi Jakbar, dan sangat membantu lagi dalam informasi quota perpanjang paspor. Quota bulanan sudah penuh, tapi saat kemarin saya cek (10 Mei 2022) ada dibukakan quota tambahan sebanyak 30 untuk esok hari-nya, dan dibuka di jam 2 siang.

2. Download M-Paspor;
Jangan lupa untuk mengisi data diri terlebih dahulu, sampai page untuk memilih lokasi imigrasi. Data yang sudah diisi tidak akan hilang, dan akan tetap disimpan oleh applikasi, sehingga saat membuka applikasi kembali, kita tetap bisa melanjutkan proses applikasi.

3. Pasang timer dan Refresh page
Pasang timer jangan sampai terlewat. Setelah jam-nya, jika time out, terus mencoba untuk refresh. Cara yang paling mudah adalah back ke step memilih lokasi, lalu next pilih tanggal. Jika masih error, terus lakukan sampai slot tanggal ada yang hijau (available).

4. Perhatikan Batas Waktu Pembayaran
Setelah berhasil booking lokasi dan tanggal, jangan lupa untuk kembali ke home applikasi dan menunggu hasil Kode Billing yang akan di generate. Pembayaran bisa melalui mobile banking. Saya menggunakan Bank Mandiri.

Langkah pembayaran paspor via Livin Mandiri
1. Pilih menu Bayar
2. Pilih Pajak
3. Pilih Pajak/PNBP/Cukai
4. Masukkan Kode Billing
5. Konfirmasi pembayaran dan masukkan pin transaksi
6. Print bukti transaksi untuk pengambilan paspor

Pengalaman di hari H


Saya datang ke Imigrasi Jakarta Barat. Jika kalian datang dalam bulan ini May 2022, sedang ada perbaikan jalan dan pembangunan, saya sarankan untuk datang lebih pagi, karena semakin siang semakin macet.

Dokumen yang perlu dipersiapkan:
1. Print bukti antrian dari applikasi M-Paspor
2. Fotocopy Paspor lama (halaman 2) – 1 Lembar A4 (Jangan digunting)
3. Fotocopy KTP – 1 lembar A4 (Jangan digunting)
4. Bawa Paspor lama

Saat sampai, langsung menuju area belakang, dan scan applikasi pedulilindungi. Petugas meminta memperlihatkan berkas-berkas. Setelah itu petugas akan memberikan nomor antrian. Saya datang jam 7.50 dan mendapatkan nomor antrian A29.


Ada beberapa tipe antrian, A, B, dan C. A untuk jalur online, sedangkan B dan C saya tidak tau, mungkin bisa ditanyakan petugas setempat.

Jam 8 petugas akan mulai memanggil antrian, mulai dari A1-10, lalu B1-5, dan seterusnya. Saya dipanggil jam 8.46. Sedikit lama karena setiap nomor antrian bisa saja lebih dari satu berkas. 

Proses selanjutnya, petugas akan cek berkas dan paspor, lalu akan memberikan nomor antrian. Saya dapat C055, dan langsung masuk menuju ruangan untuk foto.

Dalam ruangan dibagi beberapa bilik nomor. Saya menunggu sekitar satu jam untuk foto. Nanti akan dikembalikan berkas antrian yang digunakan untuk mengambil paspor. Estimasi +/- selama 2 minggu, dan akan di info via SMS jika paspor sudah selesai.

Saya akan update jika paspor saya sudah selesai di proses.

FAQ Detailsnya bisa cek di website imigrasi: Web Imigrasi


Update 23 May 2022

Status pembuatan paspor bisa di cek melalui whatsapp ini
Untuk Imigrasi Jakarta Barat dengan menyebutkan Nomor Permohonan.

Balasan yang saya terima, jika paspor belum selesai:
Halo. Paspor masih dalam proses. SMS akan dikirimkan saat paspor sudah bisa diambil atau dapat mengecek kembali melalui whatsapp 🙏

Balasan yang saya terima, jika paspor sudah selesai:
Paspor a.n. N********* sudah dapat diambil pada hari kerja Senin-Jumat 08.00-15.00 WIB

Estimasi pengerjaan 2 minggu dengan asumsi 7-10 hari kerja. 

Semoga membantu~

Comments

Popular posts from this blog

Mencari Perlengkapan Winter di Jakarta

[Australia] Cara Mengurus Visa Australia - 2016

Apply Online Visa Australia - ImmiAccount (Indonesia)