[Korea] Day 3: KTX, & Taejongdae Busan

by - 3:01:00 PM


Annyeong Haseyo! 안녕하세요!

Akhirnya bisa melanjutkan menulis lagi. Kali ini saya akan melanjutkan menulis review perjalanan saya ke Korea Selatan. Di hari ke 3 ini, saya akan melakukan perjalanan dari Seoul menuju Busan. Yuk lihat detailnya :)


KTX from Seoul Station to Busan Station

KORAIL

Untuk perjalanan ke Busan, kami memilih KTX, perjalanan dari Seoul menuju Busan ditempuh dalam waktu sekitar 2 Jam. Untuk pemesanan tiket pun sangatlah mudah. Ada beberapa tipe dan harga untuk Korail Pass. Karena menurut kami biaya-nya lumayan besar, dan banyak tempat di Busan yang akan didatangi, agar lebih santai, kami memilih 3-day Pass. Group kami masih berusia dibawah 25 tahun, maka kami memilih untu 3-day Pass tipe Youth. Link untuk booking tiket Korail Pass 

Saya sarankan untuk booking E-ticket terlebih dahulu di website Korail dengan syarat kepergian sebelum 3 bulan keberangkatan, dan harus memiliki credit card. Tidak akan ada penagihan ke kartu kredit jika melakukan pembatalan. Biaya akan di charge di credit card, saat kita melalukan penukaran di dalam bentuk voucer di Seoul Station.



Stepnya adalah sebagai berikut:
Melakukan Booking di Website Korail -> (Hari H) Bawa print booking + Passport + Credit Card ke bagian Information di Seoul Station dan setelah selesai, akan diberikan Voucer -> (Hari H), Tukar Voucer yang diberikan, ke bagian Ticketing

Dari Ticketing tersebut kita memilih jam keberangkatan dari Seoul jam berapa, dan mendapatkan print Tiket dengan nomor duduk dan platform berapa. Setelah itu tunggulah di platform yang disediakan. Harus diperhatikan bahwa di Korea sangat tepat waktu, saya sarankan agar tidak terlalu mepet.



Didalam train juga terdapat majalah, dan sesekali ada yang menjual makanan dan minuman. Karena perjalanan memakan waktu 2 jam saya sarankan untuk makan dan ke toilet terlebih dahulu.


Perjalanan selama 2 jam sangat terasa cepat, hampir setengah perjalanan saya tertidur, karena kami memilih keberangkatan pagi. Pemandangan selama perjalanan pun, tidak kalah bagusnya.


Finally kita sampai di Busan Station! Karena hujan, hal yang pertama kita lakukan adalah mencari tourist information. Karena Taejongdae merupakan jalan menapak, sehingga kami khawatir jika hujan masih deras, kami harus mengganti plan kami.

Kami sangat bersyukur, karena tidak lama hujan sudah berhenti, dan cuaca sangat cerah.  Kami menuju Tejongdae menggunakan Bus 101, dari stasiun kita menuju pintu Exit 7. lalu jalan sampai menemukan halte bus ke 3, dan turun di Taejongdae Cliff (태종대).


Setelah turun, karena kami lapar, maka kami memutuskan untuk makan di restaurant ini, letaknya persis dekat gerbang Taejongdae. Untuk harga saya lupa, tapi masih sangat wajar untuk di tempat wisata.


Banchan (반찬)
Banchan di restaurant ini ada berbagai macam, dan kita bisa menambah dengan mengambil sendiri di tempat yang disediakan. Salah satu hal yang saya suka dari restaurant korea, bahwa selalu tersedia green tea / corn tea gratis.


Kami memesan 2 porsi, Karena kami ber-6 dan hanya memesan 2 porsi Ahjumma terlihat kaget, kami melihat meja lain 1 porsi ini habis untuk 2 orang.


Porsi dan dagingnya sangat banyak. Kami ber-6 sudah sangat kenyang dengan 2 porsi ini.

Nasi putihnya sangat unik, karna ada kecambah di campurannya, sehingga rasanya sedikit berbeda namun tetap lezat.

Taejongdae

Setelah mengisi energi, kami langsung melanjutkan untuk mengelilingi Taejongdae. Sayang sekali karena kami pergi saat Weekdays, sehingga tidak ada shuttle yang berjalan pada hari itu. Alhasil, kami jalan kaki memutari Taejongdae.




Ada store yang menjual makanan dan minuman, jadi tidak perlu khawatir jika mendadak kelaparan. Untuk minuman, tersedia banyak water tap, sehingga yang diperlukan adalah membawa botol minum.

Pemandangan-nya sangat terbayar dengan rasa capek kita selama berjalan. Dengan udara yang sangat sejuk, tidak terasa sesak sama sekali.


Salah satu hal yang membuat saya kagum adalah, banyak orang yang sudah berumur, tapi masih rutin untuk jalan sehat seperti ini.


Petunjuk Toilet ini sangat lucu


Patung Ibu dan kedua anak ini, akan banyak sering ditemui selama di Busan. Saya belum mencari tau lebih lanjut kisahnya.

Saat menuju mercusuar, kami menemukan kucing ini. Awalnya iya takut, tapi lama kelamaan mau mendekat. Sangat lucu sekali, bulunya tebal.

Lihat paw-nya seperti pakai kaos kaki.

Ini adalah salah satu mercusuar di Taejongdae.


Disini juga terdapat monumen pahlawan.

Kami melanjutkan perjalanan kembali.Tidak hanya pohon yang kami temui, tetapi banyak bunga-bunga yang beraneka ragam. Pada bulan mei. biasanya ada festival saat bunga-bunga bermekaran.




Address
24, Jeonmang-ro, Yeongdo-gu, Busan
부산광역시 영도구 전망로 24 (동삼동)

Type
Amusement Parks/ Tourist Resorts

Inquiries
• 1330 Travel Hotline: +82-2-1330 
(Korean, English, Japanese, Chinese) 
• For more info: +82-51-405-2004

Homepage
www.taejongdae.or.kr (Korean only)
etour.busan.go.kr 
(Korean, English, Chinese, Japanese)


Setelah mengelilingi Taejongdae seharian, kami kembali ke daerah Haeundae, untuk check in di hostel dan dinner. 
xoxo, nat

You May Also Like

5 comments

  1. halo, mau nanya dong soal redeem tiket korailpass. kalau saya datang tgl 27 sept ke seoul, tp mau pergi ke busan tgl 30 nya, nah apakah di kolom date of arrival di web booking korailpassnya kita bikin tgl 27 sesuai kedatangan ke korea atau tgl 30? apakah artinya kalo kita booking dr web nantinya saat redeem tiket baru kita tentukan waktu keberangkatan kita?
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Monica, Kalau tidak salah saya isinya tanggal saya sampai di Seoul.
      Tidak masalah untuk tiket busan-nya, karena berlaku 6 bulan untuk penukaran.
      Iya booking dari web-nya, nanti akan dikirimkan ke email.
      Kita print e-ticket itu, lalu nanti dituker di tempat penukaran (Seperti Information Center)
      Setelah kita tukar, nanti kita akan dapat kartu, dan kita harus antri di loket untuk memesan tempat duduk dan jam keberangkatan ke busan.

      Oh iya, untuk pembayarannya, kartu kredit akan di deduct saat kita menukar e-ticket dengan tiket yang asli, jangan lupa untuk bawa kartu kreditnya ya :D

      Delete
  2. Halo kak, sya mau tanya, pertanyaan ny hmpir sama sperti diatas. Tp masih bingung sma jawaban kakak diatas hehehe.
    Jadi gni kalau kita sampe Seoul nya 2juni, tp kita mau pake k busan ny tgl 4juni, nah itu kita redemm ny pas kita sampai di seoul, skalian lgsg booking tiket utk tgl 4juni, atau kita redemm ny pas ditanggal 4juni skalian beli tiket kereta k busan ny langsung?
    Pas redem eticket ini apakah ada ditanya kapan penggunaan nya? Soalny takut ny pas kita redem di tgl 2 trnyata kartu ny lgsg diaktifin utk 3hr k dpn. Kalaupun redem ny pas2an tgl 4 juni malah takutny ga dpt tiket kereta nya....

    ReplyDelete
  3. harus pakai kartu kredit atau bisa pakai kartu debit kak?

    ReplyDelete