Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass



Hi Semua,
H-1 hari menuju 2017, dan H-23 menuju Winter in Tokyo~ Kali ini saya akan share mengenai Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass!

Memilih transportasi di Jepang tidaklah sulit jika kita sudah tau destinasi atau kota apa saja yang akan kita kunjungi, begitu juga durasi, dan budget kita. Saya sendiri pun, lebih milih untuk menentukan kota apa saja yang akan saya datangi, baru saya memilih transportnya bagaimana.

Kebetulan saya akan pergi ke daerah Osaka - Kyoto - Shirakawago - Takayama dan Tokyo. Saya banyak melihat bahwa untuk penggunaan JR Pass lebih baik untuk penggunaan shinkansen yang lebih dari 3x, biar gak rugi (katanya). Ternyata setelah saya cek kembali, sebenarnya selain JR Pass, ada banyak option / pass lainnya yang bisa kita gunakan. Salah satunya adalah Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass.

Excahnge Order for JR Pass dan Regional Pass
Berikut adalah Area Map yang saya dapatkan dari website resmi Tourist Pass.

スăƒȘケマップ

Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass cover semua daerah yang ada di Central Japan. Untuk deskripsinya saya copy dari website mereka langsung:

1. Unlimited rides on limited express of JR conventional lines for visiting  popular Gero-Onsen/Takayama/Toyama/Kanazawa/Kaga-Onsen !


  • Unlimited rides on JR conventional lines running between Nagoya, Gero, Takayama - Toyama, and linking Kansai-airport, Osaka City area, Kyoto, Kaga-Onsen - Kanazawa, and “Hokuriku Shinkansen” running between Kanazawa - Toyama!
  • Reserved seats on ordinary cars of JR conventional lines in the area can be used up to four times! 
  • Major examples of using reserved seats on JR trains: Limited Express "Wide View Hida", Limited Express "Thunderbird"
  • Excluding reserved seats on the "Haruka Airport Express"
  • Unlimited rides using non-reserved seats of ordinary cars on the Hokuriku Shinkansen between Kanazawa - Toyama! (Excluding reserved seats)

2. Unlimited rides on buses convenient for visiting World Heritage listed Shirakawa-go/Gokayama!

Transport services and routes covered by this pass:
  • Non-reserved seats of ordinary cars of JR limited express, express, rapid, and ordinary trains between Nagoya - Toyama station (via Tokaido/Takayama lines), between Kanazawa - Kyoto station - stations within Osaka City area (via Hokuriku/Kosei/Tokaido lines), between stations within Osaka City area - Kansai-airport station (via Hanwa/Kansai-airport lines)
  • Non-reserved seats of ordinary cars of the Hokuriku Shinkansen between Toyama - Kanazawa station
  • Nohi Bus/Toyama Chiho Railway/Hokutetsu Bus: Shirakawago/Kanazawa line and Takayama/Toyama line between Takayama Nohi Bus Center – Shirakawago – Kanazawa (with some exceptions; reservations required)
  • Kaetsuno Bus: World Heritage Bus between Shirakawa-go - Shin-Takaoka station
  • This pass does not allow you to travel on the Tokaido Shinkansen between Kyoto - Shin-Osaka station. Please be aware that to travel on the Tokaido Shinkansen, you will need to pay the required basic fare and any additional fees separately. Be aware that additional fees will also be required for reserved seats of the Hokuriku Shinkansen between Toyama - Kanazawa station.
Jadwal dan Peta
Berikut adalah timetable dan peta untuk rute bus yang berlaku untuk Tourist pass ini. Saya dapatkan informasi ini dari website resmi per tanggal 31 December 2016. Untuk detail dan data yang lebih akurat, bisa langsung cek di webnya.

Hokuriku Shinkansen
JR Limited Express

Cara Pembelian untuk Indonesia:
Untuk di Indonesia, Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass ini bisa didapatkan di Travel Agent berikut ini: List Travel Agent 
Saya langsung mendatangi kantor cabang HIS yang berada di FX Sudirman untuk membeli Tourist Pass ini. Harganya pun 14.000 dan mengikuti kurs hari itu, tidak lupa ada tambahan VAT 1%. Pembayaran bisa menggunakan credit card dengan tambahan charge 3%. 
Saran saya adalah dengan menggunakan debit bca/bni atau cash, dan jangan lupa untuk memastikan nama yang tertera pada pass, sesuai dengan passport kita.

Detail Informasi Pemilik Tourist Pass

Penggunaan
Untuk penggunaan tiket ini, kita harus mendaftarkan-nya di Station. Detailnya ada pada belakang Tourist Pass ini, untuk lokasi station-nya. 

List Station untuk Exchange Tourist Pass
Tourist Pass ini berlaku selama 5 Hari. Jika kita ingin memesan tiket, tetapi belum mau menggunakannya, pastikan petugas tidak stamp tanggal pada tourist pass kita, karena saat tiket di stamp, maka masa berlaku tourist pass sudah dimulai.

Untuk perjalanan saya sendiri, saya akan menggunakan Tourist Pass untuk:
1. JR Osaka Station to Kyoto Station
2. Thunderbird Kyoto Station to Kanazawa
3. Nohi Bus Kanazawa to Shirakawago
4. Nohi Bus Shirakawago to Takayama
5. JR Takayama to Nagoya

Jika saya totalkan dengan membeli tiket sendiri-sendiri, lebih murah untuk membeli Tourist Pass ini. Selain itu mengurangi juga membawa cash Yen selama disana. 

Saya langsung post artikel ini, sebagai bahan pertimbangan untuk transportasi selama di Jepang. Karena saya lihat banyak sekali yang akan liburan di Jepang, siapa tau post saya ini dapat membantu kalian memilih pass yang sesuai dengan rencana liburan kalian ^^

Saya akan update lagi setelah saya selesai menggunakan Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass ini.

Comments

  1. Halo sis,
    mau tanya yang Nohi Bus, itu harus reservasi sebelumnya ya?
    Kalo kamu gimana cara reservasinya kemarin?
    Thankyou ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku suggest sih buat reservasi ya.. Karena kemarin pas mau tuker tiket fisiknya, dia udh gak tersedia lagi buat hari itu. Kemarin pas sampai jepang, langsung pinjam telepon koin yang ada di hostel. Mereka bisa bahasa english, jadi gak sulit untuk reservasinya ^^

      Delete
  2. Hello sist,
    Bisa share itenerary lgkp slm disna kagak.?
    Aq da renc mo k sna akhir sept ni.
    Thx b4..

    ReplyDelete
  3. hi... tourist pass satu ini cover kereta/bus di dalam kota osaka dan kyoto kah ?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Novi, Setauku iya cover, selama yang JR ya :D

      Delete
  4. Hi mau tanya, kmrn ke tokyo juga? Kalau tokyo ke toyama stasiun atau kanazawa st tidak bisa ter cover sama pass ini ya? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya amile, kemarin ke Tokyo juga. Tidak di cover, jadi aku dari Nagoya pesan tiket shinkansen terpisah ke Tokyo. Harganya sekitar 6260 Yen.

      Delete
  5. halo kak, untuk kereta haruka dari kansai ke shin-osaka tercover atau tidak?? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya untuk reserved seats Haruka Airport Express tidak tercover. Kalau yg di cover Kansai-airport station (via Hanwa/Kansai-airport lines). Detailnya ada disini: http://touristpass.jp/en/takayama_hokuriku/

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mencari Perlengkapan Winter di Jakarta

[Australia] Cara Mengurus Visa Australia - 2016

Apply Online Visa Australia - ImmiAccount (Indonesia)