The Funtastic Sydney

Hai Semua,
Tidak terasa ya, saat ini sudah bulan October. So far, bagaimana liburan kalian di tahun ini? Apa ada yang sedang menunggu untuk travelling akhir tahun? Atau mungkin ada yang sedang mencari informasi untuk merencanakan travel liburan di tahun depan?
Image Source: http://www.iccsydney.com.au/
Dipost kali ini, saya akan membahas mengenai Wisata ke Australia, terutama Sydney. Title post ini adalah The Funtastic Sydney. Kenapa saya memilih kata Fun-tastic? Karena di post ini saya akan lebih banyak membahas tempat travel dan kegiatan yang menyenangkan (Fun) selama musim panas, dan tentunya akan sangat luar biasa (Fantastic) sekali untuk dilaksanakan ;)


"Kenapa wisata ke Australia?"
Karena Australia bisa dikatakan sebagai negara barat yang terdekat dari Indonesia. Dibutuhkan travel sekitar 7 jam untuk bisa pergi ke Australia (Sydney) dari Jakarta. Berbeda dengan negara-negara Eropa dan Amerika, dimana kita memerlukan waktu lebih dari 10 jam perjalanan, apalagi ditambah dengan transit, mencari penginapan, dan harga yang tidak sedikit.


Image Source: www.gemsgc.org
Tahukah kalian bahwa Australia menjadi salah satu destinasi travel yang paling menarik perhatian wisatawan dari Indonesia? Sekitar 7 juta pengunjung internasional pergi ke Australia tahun lalu. Dari mereka, jumlah pengunjung Indonesia adalah 150.200 orang loh.

Australia sendiri memiliki beberapa negara bagian, yaitu New South Wales, Victoria, Queensland, Australia Selatan, Australia Barat dan Tasmania. Dengan wisata ke Australia tentunya akan menambah pengalaman yang sangat menyenangkan ;)


Salah satu kota yang ingin sekali saya datangi adalah Sydney. Sydney terletak di daerah tepi pantai, yang berbatasan dengan Samudera Pasifik di timur, Blue Mountain di barat, Sungai Hawkesbury di utara dan Royal National Park di selatan. 

Sydney merukapan Ibu kota dari negara bagian New South Wales, dan merukapan kota untuk travel yang paling populer dikalangan turis mancanegara. Berdasarkan data yang ada di Wikipedia, Sydney memiliki populasi wilayah metropolitan sebesar 4.34 juta jiwa dan luas 12.000 kilometer persegi. 

Images Source: Wikipedia, http://dermotflynn.com/; Editted by me
Berikut adalah beberapa tempat wisata di Sydney, yang tidak boleh kita lewatkan, terutama saat summer:

Sydney City Tour (Sydney Opera House, Sydney Harbour Bridge, The Rocks, & Circular Quay)
Tidak pas rasanya jika kita mengunjungi Sydney tanpa mengunjungi tempat-tempat wisata yang menjadi ciri khas Sydney. Tentunya saat summer, pemandangan akan sangat cerah, dan tentunya menghasilkan foto yang bagus.

+ Sydney Opera House
Image Source: cdn.wallpapersafari.com
Siapa sih yang tidak mengenal Sdyney Opera House? Tempat ini merupakan tempat yang sangat terkenal di Sydney, New South Wales. Bangunan ini adalah salah satu bangunan di abad ke-20 yang paling unik. Gedung ini terletak di Bennelong Point di Sydney Harbour dekat dengan Harbour Bridge. Di Opera House ini juga sering ada pertunjukan, mulai dari cabaret, music, dance, theater, dan masih banyak lagi. 
Untuk informasi lebih detail, dapat mengunjungi link berikut ini: Sydney Opera House

+ Sydney Harbour Bridge
Image Source: www.images.arcadis.com
Sydney Harbour Bridge merupakan Icon ke dua kota Sydney. Jembatan ini memiliki nama lain, yaitu “The Coathanger”, dinamakan demikian, karena bentuk lengkungnya yang mirip hanger gantungan baju. Ternyata Sydney Harbour Bridge ini merupakan jembatan lengkung terbesar di dunia sehingga tentunya tempat ini sangat menarik bagi wisatawan. Usia jembatan ini sendiri sekitar 81 tahun namun masih kokoh dan patut dikagumi keindahan dan kehebatan konstruksinya bahkan hingga saat ini. 
Untuk informasi lebih detail, dapat mengunjungi link berikut ini: Sydney Harbour Bridge 

+ The Rocks
Image Source: http://farm8.staticflickr.com/
The Rocks ini merupakan kumpulan bangunan bersejarah, dan terletak disekitar Circlular Quay dan Sydney Harbour Bridge. Banyak bangunan yang didirikan menggunakan sandstone, dan bewarna merah bata. Dulunya area ini sempat dirubuhkan oleh pemerintah karena reputasinya, dan untuk dibangun gedung-gedung baru. Pada akhirnya bangunan yang tersisa diselamatkan dan dijadikan atraksi wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti bangunan bekas markas angkatan laut yang diubah menjadi cafe dan area komersil lainnya.
Untuk informasi lebih detail, dapat mengunjungi link berikut ini: The Rocks

+ Circular Quay
Image Source: http://www.sydney.com/
Circular Quay menjadi salah satu pusat dari transportasi di Sydney, yang menghubungkan kereta, bis, dan juga kapal feri. Circular Quay merupakan pusat atraksi utama di Sydney: Sydney Harbour Bridge, The Rocks dan Sydney Opera House. Disepanjang jalan kita bise menemukan pemusik jalanan yang berbakat dan hiburan untuk memuaskan orang yang lewat. Daerah ini juga menawarkan berbagai pilihan restoran.
Untuk informasi lebih detail, dapat mengunjungi link berikut ini: Circular Quay

Aktivitas (Bondi Beach, Sydney Eye Tower, Wild Life Park Sydney)
Ada beberapa rekomendasi tempat untuk melakukan beberapa aktivitas, mulai dari berenang di pantai, melihat pemandangan kota Sydney dari ketinggian, dan berinteraksi dengan hewan-hewan di Australia.

+ Bondi Beach
Image Source: www.skeducation.com
Mengunjungi Bondi Beach pada musim panas merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan. Bondi Beach terletak 7 kilometer di timur distrik bisnis pusat Sydney, di wilayah pemerintah lokal Waverley Council. Akan banyak sekali warga australia yang mengunjungi Bondi Beach. Di pantai ini juga sering diadakan acara dan festival, seperti berselancar, lomba lari, dan volley pantai.Cobalah restoran mewah, Bondi Icebergs, yang dinamai untuk mengenang sekelompok penduduk berdedikasi yang merenangi pantai sepanjang tahun, dan di mana selebriti lokal sering dapat dijumpai.
Untuk informasi lebih detail, dapat mengunjungi link berikut ini: Bondi Beach

+ Sydney Eye Tower
Image Source: www.askideas.com
Menara tertinggi di Sydney, dikenal juga dengan nama AMP Tower, Centrepoint Tower, atau AMP Centrepoint Tower merupakan menara yang tertinggi kedua di Australia, dan memiliki ketinggian hingga 309 meter atau sekitar 1.014 kaki. Kita bisa melihat pemandangan kota Sydney dari tower ini. Kita juga bisa melakukan aktivitas Skywalk, dimana kita bisa berjalan mengelilingi tower 360 derajat, di atas kaca transparan yang berada di bagian luar puncak menara. 
Untuk informasi lebih detail, dapat mengunjungi link berikut ini: Sydney Eye Tower

+ Wild Life Park Sydney
Image Sources: https://www.wildlifesydney.com.au/ (Clockwise: Quokka, Kangguru, Red Panda, and Koala) 
Siapa yang tidak tau Koala dan Kangguru? 
Rasanya kurang pas kalau kita wisata ke Australia, dan gak ketemu koala dan kangguru di negara mereka sendiri ya. Salah satu tempat yang bisa kita datangi adalah Wild Life Park Sydney. Disini ada atraksi yang diberikan, dan juga kita bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang ada. Selain Koala dan Kangguru, juga ada Quokka, Red Panda, Pademelon, dan masih banyak lagi. Bayangin-nya saja udah seru banget, gimana kalau beneran ya? ;)
Untuk informasi lebih detail, dapat mengunjungi link berikut ini: Wild Life Park Sydney

Tempat Belanja (Paddy’s Market)
Rekomendasi tempat belanja di Sydney.

+ Paddy’s Market
Image Source: upload.wikimedia.org
Setelah jalan-jalan, pastinya kita ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga, maupun teman-teman terdekat kita, nah, Paddy's Market ini merupakan pilihan yang pas sekali, selain variasi barang yang dijual, harga yang ditawarkan pun tergolong murah. Paddy's Market terletak di lantai dasar mal: Market City. Kita dapat menemukan berbagai macam barang khas Australia, mulai dari souvenir, makanan khas, hingga benda-benda seni suku Aborigin. Paddy's Market buka mulai Rabu sampai Minggu, jam 9 pagi sampai 5 sore. Senin dan Selasa tutup, kecuali kalau ada libur nasional.
Untuk informasi lebih detail, dapat mengunjungi link berikut ini: Paddy’s Market 


Buat teman-teman yang akan travel ke Sydney pada Summer yaitu antara December-February, ada beberapa event nih, yang pastinya jangan sampai kelewatan.

Event 1: Sydney New Years Eve 
Images source: www.whynottravelnow.com
Lokasi: City Centre
Hari & Tanggal: Sabtu, 31 Desember 2016

Hal yang paling menyenangkan saat tahun baru bagi saya adalah melihat kembang api. Jika kita travelling ke Sydney saat tahun baru, maka kita bisa melihat pertunjungan kembang api yang sangat spektakuler. Selama event akan banyak sekali pertunjukan dan disaksikan oleh lebih dari miliaran penonton dari seluruh dunia. Perayaan akan dimulai dengan pertunjukan yang sudah dimulai dari jam 5 sore hingga tengah malam sampai kembang api dimulai. Jangan lupa untuk datang lebuh awal untuk mendapatkan tempat yang paling bagus untuk melihat kembang api.
Untuk informasi lebih detail, dapat mengunjungi link berikut ini: Sydney New Years Eve  

Event 2: Australia Day 
Image Source: www.theaustralian.com.au
Lokasi: City Centre
Hari & Tanggal: Kamis, 26 January 2017

Sama halnya dengan Perayaan Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus, Australia pun merayakannya dengan sebutan Australia Day pada tanggal 26 Januari. Mengutip CEO Destination NSW, Sandra Chipchase, mengatakan, "Perayaan Australia Day di Sydney adalah pengalaman wisata yang tak boleh dilewatkan - dimulai dari balapan kapal feri di ajang Ferrython hingga ajang Great Austraian Swim di Farm Cove, dari pameran armada Kapal Layar Sydney hingga pameran armada Angkatan Udara Australia dan Australia Day Regatta - seluruh kegiatan tersebut berpusat di Sydney Harbour. Oleh karena itu, perayaan Australia Day sangatlah spesial." (Source: Antaranews)
Untuk informasi lebih detail, dapat mengunjungi link berikut ini: Australia Day

Event 3: Sydney Chinese New Year Festival
Image Source: www.imageif.com
Lokasi: Chinatown And Haymarket
Hari & Tanggal: Jumat, 27 January  sampai Minggu, 12 February 2017

Merayakan Imlek di Sydney tentunya akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Di sepanjang jalan akan dihias dengan lentera yang besar, dan lampu-lampu. Jangan lewarkan perlombaan Dragon boat sepanjang 12 meter, dengan 20 pengayuh, yang akan menampilkan spirit dan power dari naga yang kembali hidup beriringan dengan suara drums. Tentunya juga ada penampilan dari Barongsai, dan ada sekitar 80 events yang diadakan.
Untuk informasi lebih detail, dapat mengunjungi link berikut ini: Sydney Chinese New Year Festival


Setelah kita keliling kota Sydney, tidak lupa untuk mencoba makanan khas yang ada di Sydney. Walaupun di Sydney terdapat berbagai macam makanan diseluruh dunia, tetapi banyak orang yang mencari makanan khas Australia, dan tentunya, tidak ingin melewatkannya saat mengunjungi Sydney. Penasaran ada apa aja makanan khas yang ada, cek list berikut ini:

1. Damper
Image Source: www.manusmenu.com
Damper adalah roti soda tradisional Australia yang terbuat dari tepung gandum dan gula, yang dimasak menggunakan arang di api unggun. Uniknya, damper dimasak dengan mengubur adonan roti pada abu pembakaran arang dari api unggun selama 30-40 menit. Walaupun dimasak dengan cara dikubur, Damper tidak akan kotor oleh abu pembakaran karena adonan roti akan mengeras di bagian luarnya. Jadi, setelah dimasak Damper dapat dibersihkan terlebih dahulu dan dimakan dengan tambahan sirup atau saus sesuai selera.

2. Meat Pie
Image Source: www.taste.com.au
Hampir disemua mini market, toko kue, dan stand penjual makanan menjual meat pie. Jika biasanya pie berisi buah, di Australia Meat Pie lebih mendominasi. Meat Pie tradisional dibuat dengan steak, atau ginjal sapi. Beberapa juga ada dengan potongan daging halus ditambah dengan bawang dan kentang tumbuk sebagai isi. Kulit pie sangat crispy dan lezat sekali. Saat mengunjungi Australia, jangan lupa untuk mencicipi ya ;)

3. Lamingtons
Image Source: www.taste.com.au
Lamingtons merupakan kue national Australia, rasanya manis dan enak sekali. Dibuat dari sponge cake yang dilapis dengan coklat, dan terakhir ditaburi dengan kelapa parut kering. Saat ini Lamingtons memiliki banyak varian rasa, seperti strawberry dan raspberry. Lamingtons biasanya disajukan bersama dengan teh di sore hari. Lamingtons juga sering dijumpai sebagai sajian khusus saat acara amal di Australia.

Bonus: GlacĂ© Ice Creams & Sorbets
Image Source: http://cdn.newsapi.com.au/
Saat musim panas, pasti sangat pas sekali menikmati Ice Cream. Di Sydney saat ini sangat mudah sekali ditemukan berbagai variasi restaurant yang menjual dessert. Salah satu yang harus dicoba adalah GlacĂ© Ice Creams & Sorbets. GlacĂ© ini merupakan Ice Cream yang dibuat sejak tahun 1984 oleh Marilyn Lean, dan merupakan Ice Cream & Sorbet yang ada di Sydney, yang masuk kedalam Top 10 Tempat Makan Ice Cream diseluruh dunia, berdasarkan list yang di buat oleh National Geographic. 
Untuk informasi lebih detail, dapat mengunjungi link berikut ini: Glace Ice Creams & Sorbets



Gimana teman-teman setelah melihat informasi yang saya berikan? Apa semakin tertarik untuk mengunjungi Sydney? ;)
Saya ada rekomendasi salah satu travel agent untuk merencanakan liburan ke Sydney, yaitu H.I.S. Pasti kalian banyak yang bertanya, H.I.S. itu apa? Bukan H.I.S. hanya untuk trip ke Jepang? Nah, semua pertanyaan kalian akan saya bantu jawab di FAQ berikut ini.

FAQ
Q: H.I.S. itu apa ya? 
A: H.I.S. menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisatamu. 

Q: Bukannya H.I.S. hanya menyediakan trip ke Jepang saja?
A: H.I.S. tidak hanya menyediakan trip ke Jepang, tetapi melalui H.I.S. kita juga bisa merencanakan Wisata ke Australia, dan negara lainnya.

Q: Untuk Australia, apa hanya trip ke Sydney saja yang bisa melalui H.I.S.?
A: Jawabannya adalah tidak~ Selain Sydney, H.I.S. juga menyediakan berbagai paket tour ke Melbourne, maupun Brisbane. Untuk detailnya bisa di cek di link berikut ini: Wisata ke Australia bersama H.I.S.

Q: Kenapa memilih H.I.S. sebagai travel agent?
A: Ada banyak alasan, kenapa memilih H.I.S., diantaranya:

  1. Kenyamanan Servis
    H.I.S. bertanggung jawab untuk mendukung kebutuhan perjalanan kita mulai pada saat reservasi hingga kembali ke rumah! Silahkan bertanya dan konsultasi, dan staff H.I.S. akan melayani kita.
  2. Global Network Mendukung Keamanan Kita
    H.I.S. memiliki keuntungan dengan jaringan global yang mendukung perjalanan kita. Dengan sistem terbaik melayani mulai dari reservasi hingga Anda kembali!
  3. Harga Terbaik langsung dari cabang luar negeri
    Cabang H.I.S. di luar negeri menawarkan harga terbaik untuk hotel dimanapun dan kapanpun kita butuhkan.
  4. Unggul dalam Individual Tour
    H.I.S. menyediakan berbagai macam tour dan menangani tour sesuai dengan keinginan kita. Staff H.I.S. dapat menyusun perjalanan kita mulai dari tiket pesawat, hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil dan semua yang kita butuhkan! Staff H.I.S. juga membantu mengurus visa. Segala prosedur untuk pembuatan visa dapat serahkan kepada H.I.S.!

Q: Apa untuk warga negara Indonesia membutuhkan Visa Australia? 
A: Iya, kita membutuhkan Visa untuk Travel ke Australia. Kalian dapat langsung menghubungi H.I.S. untuk dibantu dalam pembuatan Visa. Untuk detail dokumen apa saja yang dibutuhkan, bisa langsung klik disini

Q: Lokasi H.I.S. ada dimana aja sih?
A: Lokasi H.I.S. gak hanya di Jakarta loh, tapi ada banyak kantor cabangnya, bisa dicek di link ini: Lokasi H.I.S., atau bisa juga langsung menghubungi H.I.S. Jakarta Call Center di nomor : 021-574-1701

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, boleh langsung ditanyakan di comment post ini.


Tunggu apa lagi, ayo rencakan liburan ke Australia bersama H.I.S. 
Enjoy Your Summer in Australia


Cuma Nulis Bisa Jadi Turis ke Australia loh,
Penasaran? klik gambar dibawah ini ya ;)





Sources:
https://id.wikipedia.org/wiki/Geografi_Sydney
http://www.travelingprecils.com/2012/03/tips-berburu-oleh-oleh-di-paddys-market.html
https://www.facebook.com/notes/tigerair-city-ticketing-office-jakarta/yang-menarik-dari-sydney-dan-new-south-wales-australia/222814218115004/
http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/2015-02-17/perayaan-tahun-baru-imlek-di-sydney-salah-satu-yang-terbesar-di-dunia/1416017
http://diniaml.blogspot.co.id/2016/02/makanan-khas-negara-australia.html
http://www.sydney.com/sydney-life/things-to-do/10-reasons-to-live-in-sydney-the-best-city-in-australia/
https://www.tripadvisor.co.id/ShowUserReviews-g255060-d257277-r279193371-The_Rocks-Sydney_New_South_Wales.html

Comments

  1. Nice post 👍
    Aku seneng bacanya, jadi kepingin liburan ke Sydney 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Thank you sudah mampir.
      Sama, saya juga mau sekali ke Sydney, semoga next year kita bisa kesana ya

      Delete
  2. keren artikelnya XD moga2 bs ke Sydney ya ◕‿↼

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Chyntia,
      Thank you, amin ^^
      Ayo ikutan juga #HISAustraliaTrip

      Delete
  3. Thank you infonya sangat membantu.
    Good luck ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa membantu ^^
      Thank you sudah mampir ya

      Delete
  4. Nice info gan. Mungkin bisa di share info-info lainnya seperti harga tiket, visa, dll untuk berkunjung ke Sydney.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Entry,
      Untuk harga tiket pesawat sangat bervariasi tergantung maskapai yang kamu pilih, untuk detailnya kamu bisa cek di website: http://www.hisgo.co.id/
      Thank you sudah mampir ya ^^

      Delete
  5. Wah february saya mau kesana, semoga kita bisa berjumpa ya - Henny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Thank you Henny~
      Amin, semoga I'm the lucky one ya ;)

      Delete
  6. Luna Park juga bisa jadi pilihan

    ReplyDelete
  7. Nice inpo kakak, semoga bertemu di trip kamoh yang berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Surya,
      Thank you, amin ya, semoga kita bisa trip bareng nih ^^

      Delete
  8. Nice info, bisa buat referensi travel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ivan, Thank you..
      Senang bisa membantu untuk referensi ^^

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mencari Perlengkapan Winter di Jakarta

[Australia] Cara Mengurus Visa Australia - 2016

Apply Online Visa Australia - ImmiAccount (Indonesia)